Wanita

Menopause Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata, Ini 3 Tanda yang Harus Diwaspadai!

Menopause bisa membantu kesehatan mata, sehingga wanita perlu menyadari setiap perubahan yang terjadi pada penglihatannya.

Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi menopause. (Envato Elements)
ilustrasi menopause. (Envato Elements)

Himedik.com - Umumnya, menopause terjadi di antara usia 45-55 tahun karena tingkat estrogen wanita yang sudah menurun. Gejala awal kondisi ini bisa berupa hot flushes, keringat malam, suasana hati yang buruk, dan gairah seks yang menurun.

Berbagai perubahan mata juga bisa terjadi selama tingkat hormon berfluktuasi. Tapi, penglihatan seorang wanita mungkin akan sedikit berubah ketika menopause.

Karena itu, pemeriksaan mata secara teratur sangat penting untuk menemukan penyakit mata lebih awal, sehingga lebih mudah diobati. Berikut ini dilansir dari Express, beberapa perubahan mata yang mungkin pertanda manopause.

1. Katarak

Menurut The North American Menopause Society, prevalensi katarak lebih tinggi pada wanita pascamenopause daripada pria pada usia yang sama.

Ilustrasi operasi katarak. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi katarak. (Shutterstock)

"Untungnya, penelitian belum menemukan hubungan yang signifikan antara terapi hormon, usia saat pertama kali menstruasi, usia saat menopause, atau tahun penggunaan kontrasepsi dan katarak," kata situs medis tersebut.

Gejala ini berkembang perlahan dan tanpa rasa sakit serta sering dimulai setelah usia 60 tahun. Masalah mata termasuk sensitivitas silau, penglihatan berawan, kesulitan melihat di malam hari, penglihatan ganda, dan hilangnya intensitas warna.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah sekelompok masalah mata yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik, biasanya dari peningkatan tekanan di mata.

The North American Menopause Society menunjukkan bahwa ini tidak secara langsung terkait dengan menopause. Tapi, usia bisa menjadi faktor risiko dari masalah mata tertentu.

Glaukoma dapat merusak penglihatan secara permanen dan menyebabkan kebutaan jika tidak diobati.

3. Mata kering

Mata kering adalah masalah yang sangat umum di kalangan wanita menopause. The North American Menopause Society menjelaskan beberapa wanita melaporkan mata kering dan gatal kronis setelah menopause.

Kondisi ini sering kali disertai kepekaan terhadap cahaya, penglihatan kabur, peningkatan robekan, atau kelopak mata bengkak atau memerah, suatu kondisi yang disebut sindrom mata kering kronis.

Kondisi ini dapat terjadi di iklim kering dan penyakit tertentu, seperti sindrom Sjögren, penyakit autoimun yang mempengaruhi kelenjar dan penggunaan beberapa obat.

Gejala mata umum lainnya yang ditemukan pada wanita menopause, termasuk:

  1. Mata kering dan gatal
  2. Mata lebih rentan terhadap udara
  3. Mata lelah dan tegang
  4. Perubahan penglihatan
  5. Perubahan mata

Berita Terkait

Berita Terkini