Wanita

Kim Kardashian Idap Psoriasis Arthritis, Ini Gejala dan Penyebabnya!

Ada beberapa gejala dan penyebab Kim Kardashian yang menderita psoriasis arthritis.

Shevinna Putti Anggraeni

Kim Kardashian. (Instagram/kimkardashian)
Kim Kardashian. (Instagram/kimkardashian)

Himedik.com - Kim Kardashian mengalami psoriasis arthritis setelah menjalani pola diet tanpa gula dan karbohidrat selama 3 minggu.

Kim Kardashian juga menjalani diet nabati selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya, ia keuslitan menggerakkan tangan akibat psoriasis arthritis.

"Psoriasis menyerang tubuh saya dan saya menderita psoriasis arthritis, sehingga saya tidak bisa menggerakkan tangan saya," kata Kim Kardashian dikutip dari Indian Express.

Psoriasis arthritis adalah bentuk artritis yang mempengaruhi beberapa orang dengan psoriasis, yakni penyakit yang menyebabkan bercak merah pada kulit dengan sisi keperakan.

Kebanyakan orang mengembangkan psoriasis bertahun-tahun sebelum didiagnosis psoriasis arthritis.

Tapi bagi sebagian orang dilansir dari Mayo Clinic, masalah persendian ini dimulai sebelum munculnya bercak kulit atau muncul secara bersamaan.

Kim Kardashian [SuaraSulsel.id/ANTARA/HO-Instagram @kimkardashian]
Kim Kardashian [SuaraSulsel.id/ANTARA/HO-Instagram @kimkardashian]

Nyeri sendi, kekakuan dan pembengkakan adalah gejala utama psoriasis arthritis. Gejala ini bisa mempengaruhi bagian tubuh mana saja, termasuk ujung jari dan tulang belakang dari yang paling ringan sampai parah.

Gejala

Psoriasis maupun psoriasis arthritis adalah penyakit kronis yang bisa memburuk seiring waktu. Psoriasis arthritis bisa mempengaruhi persendian pada satu atau kedua sisi tubuh Anda.

Gejala psoriasis artritis sering menyerupai gejala rheumatoid arthritis. Kedua penyakit tersebut menyebabkan persendian menjadi nyeri, bengkak, dan hangat saat disentuh. Tapi, psoriasis arthritis mungkin lebih menyebabkan gejala berikut.

  1. Jari tangan dan kaki bengkak
  2. Sakit kaki
  3. Nyeri punggung bawah
  4. Perubahan kuku
  5. Peradangan mata

Penyebab

Psoriasis arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan jaringan sehat. Respon imun menyebabkan peradangan pada persendian dan kelebihan produksi sel-sel kulit.

Tampaknya, faktor genetik dan lingkungan juga berperan dalam respons sistem kekebalan ini. Banyak orang dengan psoriasis artritis memiliki riwayat keluarga menderita psoriasis atau psoriasis arthritis.

Para peneliti telah menemukan penanda genetik tertentu yang terakit dengan psoriasis artritis. Trauma fisik, infeksi virus atau bakteri juga bisa memicu radang sendi psoriatik pada orang dengan kecenderungan bawaan.

Berita Terkait

Berita Terkini