Info

Bahaya, Jangan Pernah Lakukan Lima Hal Ini Setelah Makan!

Apa yang kamu lakukan setelah makan? Ini menjadi penting jika ada hubungannya dengan kesehatan. Simak apa yang harusnya tak kamu lakukan setelah makan.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/kompilasi
Ilustrasi/kompilasi

Himedik.com - Saat perut mulai keroncongan, pasti yang ada di pikiranmu hanya makanan dan makanan. Nah, jika perutmu sudah terisi biasanya rasa kantuk mulai datang dan kamu pun tergiur untuk sejenak memejamkan mata.

Tahukah kamu bahwa ini salah satu aktivitas yang tak boleh kamu lakukan setelah makan. Selain tidur, masih ada empat aktivitas lain yang tak boleh kamu lakukan setelah makan, dilansir dari ideaspots.

1. Tidur

Tidur/pexels
Tidur/pexels

Tidur setelah makan membuat perut terasa panas. Ini menyebabkan kamu merasa kurang nyaman dan kembung. Sebuah penelitian di University of Ioannina Medical School menemukan orang yang tak langsung tidur setelah makan cenderung tak memiliki stroke. Kalau mau cari aman, lebih baik kamu tak makan setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

2. Merokok

Merokok/pexels
Merokok/pexels

Memang butuh tantangan untuk berhenti dari merokok. Rokok setelah makan sepertinya menjadi hukum wajib bagi para pencintanya. Menurut penelitian, merokok tepat setelah makan sama dengan merokok sepuluh batang sekaligus.

Nikotin dalam rokok mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan dalam pencernaan. Ini kemudian memungkinkan tubuh menyerap lebih banyak karsinogen. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko kanker usus dan paru-paru.
Ada baiknya kamu tunggu beberapa jam setelah makan.

3. Mandi

Mandi/pexels
Mandi/pexels

Ketika kamu mandi, tubuh meningkatkan aliran darah untuk mencapai tangan, kaki dan anggota tubuh lain. Ini kemudian menurunkan jumlah aliran darah ke perut. Ini bisa melemahkan sistem pencernaan sehingga menimbulkan sakit perut.

4. Makan buah

Makan buah/pexels
Makan buah/pexels

Selama ini kamu mungkin berpikir bisa makan buah kapan saja. Eits, yang benar adalah makan buah saat perut kosong.

Ini karena buah-buahan memerlukan enzim yang berbeda untuk dicerna dan gula sederhana dalam buah memerlukan waktu untuk diserap sepenuhnya oleh tubuh.

Dengan tidak ada apa pun di perutmu, kamu mendapat manfaat dari semua nutrisi, serat dan gula sederhana. Jika kamu menunggu sampai dekat atau setelah makan, maka buah tetap berada di perut dalam waktu yang lama dan membusuk di usus.

Ini bisa bikin kamu nyeri ulu hati, bersendawa, dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Minum teh

Minum teh/pexels
Minum teh/pexels

Minum teh tepat setelah makan bisa mengganggu penyerapan zat besi. Asam tannic dalam teh mengikat protein dan zat besi yang akhirnya hanya sedikit yang bisa diserap tubuh.

Zat besi yang rendah dapat memicu anemia yang kemudian bisa bikin badan terasa lelah, kulit pucat, nyeri dada, pusing, tangan dan kaki dingin, kuku rapuh dan napsu makan yang buruk.

Nah, jika ada kebiasaan di atas yang sering kamu lakukan setelah makan, maka sebaiknya kamu berhenti dari kebiasaan itu.

Berita Terkait

Berita Terkini