Info

Diet Vegetarian, Diet Sehat dengan Banyak Manfaat

Diet vegetarian dinilai paling sehat untuk kamu yang ingin melakukan proses penurunan berat badan. Intip yuk apa saja manfaat diet vegetarian.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Diet vegetarian/pexels
Diet vegetarian/pexels

Himedik.com - Diet vegetarian merupakan salah satu diet yang efektif menurunkan berat badan. Diet ini fokus pada makanan-makanan yang rendah lemak dan berasal dari tumbuhan.

Banyak penelitian mengatakan jika diet jenis ini mempunyai banyak manfaat kesehatan, kecuali mereka yang makan makanan nabati yang tak sehat seperti biji-bijian olahan atau kentang goreng.

Sebuah studi dipresentasikan pada pertemuan perdana American Society for Nutrition yang diadakan di Hynes Convention Center di Boston pada 9-12 Juni 2018 menerangkan ada empat manfaat dari diet vegetarian yang sehat, dilansir dari medicaldaily.

1. Kesehatan jantung yang lebih baik

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Peneliti di Belanda memeriksa hampir 6.000 orang dan menemukan mereka yang makan protein nabati memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi daging.

The American Heart Association menjelaskan asupan protein yang berlebihan dari daging dapat menimbulkan masalah karena kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Douglas Paddon-Jones, seorang profesor nutrisi dan metabolisme di University of Texas, merekomendasikan campuran sumber protein termasuk yogurt, susu kedelai, quinoa, kacang, telur, tahu, dan ikan.

2. Risiko diabetes berkurang

Diabetes/pexels
Diabetes/pexels

George Washington University meneliti kesehatan dan pola makan orang-orang Asia Selatan yang tinggal di Amerika Serikat.

Hasilnya para vegetarian memiliki risiko diabetes yang lebih rendah. Selain itu, indeks masa tubuh, gula darah, lingkar pinggang, jumlah lemak di perut dan kolesterol juga menurun.

Frank Hu, seorang peneliti nutrisi dan diabetes Harvard juga mengatakan jika pola diet pada makanan nabati yang sehat bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Berat badan sedikit bertambah

Berat badan/pexels
Berat badan/pexels

Harvard T. H. Chan School of Public Health meneliti lebih dari 125 ribu orang dewasa tentang perubahan berat badan selama empat tahun.

Hasilnya pola makan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan mengalami kenaikan berat badan jauh lebih sedikit daripada mereka yang makan makanan nabati yang tak sehat seperti kentang goreng dan biji-bijian olahan.

4. Risiko kematian menurun

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Diet vegetarian bisa menurunkan risiko kematian hingga 30 persen. Melody Ding, seorang peneliti senior dari University of Sydney di Australia, menjelaskan para vegetarian juga harus menghindari rokok dan juga harus menjaga berat badan.

Nah, jika kamu ingin lakukan program diet, diet vegetarian ini bisa jadi pilihanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini