Info

Awas keliru, Ini Waktu yang Tepat Untuk Makan Sebelum Olahraga

Benarkah makan sebelum olahraga itu dilarang? Kapan rekomendasi waktu yang tepat? Ini menurut pakar.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Olahraga/pexels
Olahraga/pexels

Himedik.com - Banyak orang berpikir bahwa olahraga dengan perut yang kosong adalah tindakan ideal. Namun apakah tindakan ini sudah tepat?

Dilansir dari medicaldaily, Himedik menemukan jawabannya.

Umumnya, melakukan aktivitas fisik setelah makan tak dianjurkan karena pembuluh darah bekerja keras untuk mengangkut darah ekstra yang dipompa oleh jantung selama latihan. Akibatnya, ini bisa menyebabkan sakit perut atau sakit di bagian tubuh lain.

Dr. Daniel Vigil, profesor klinis di University of California, menjelaskan refluks, cegukan atau muntah juga dapat terjadi pada banyak kasus seperti ini.

Penelitian menemukan olahraga dalam keadaan lapar menyebabkan tubuh membakar karbohidrat yang disimpan yang dapat mempercepat penurunan berat badan.

Telur/pexels
Telur/pexels

"Tak cukup makan sebelum berolahraga dapat membuat kamu pusing, mual atau lesu," kata ahli diet Jessica Jones dari Oakland. Ia menambahkan kemungkinan cedera juga bisa terjadi.

Glikogen yang merupakan bahan bakar untuk sel-sel dalam tubuh akan habis ketika seseorang belum makan. Di sisi lain, ini juga bisa membakar lemak.

Jennifer Lea, seorang pelatih di Johnson & Johnson Human Performance Institute, mengatakan massa otot membantu kinerja dan metabolisme tubuh.

Waktu sebelum makan bisa bervariasi pada setiap individu. Umumnya disarankan untuk makan satu atau dua jam sebelum olahraga.

Ini membuat perut kosong saat olahraga dan memastikan proses pencernaan tak terganggu. Namun jika kamu sudah makan beberapa jam sebelum olahraga, cemilan dibutuhkan agar menghindari rasa lelah sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik.

Lalu apa yang harus kamu makan?

Makanan kaya asam dan makanan berlemak (dalam beberapa kasus, misalnya produk susu) harus dihindari sebelum berolahraga.

Ahli diet merekomendasikan makanan ringan dengan karbohidrat dan protein di bawah 200 kalori untuk meningkatkan energi yang sempurna. Granola, kacang, telur rebus, buah kering atau sepotong roti panggang adalah beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

Menurut Jones, minum sekitar dua cangkir air beberapa jam sebelum berolahraga dan satu cangkir air 10 hingga 20 menit sebelum latihan adalah cara yang baik untuk memulai olahraga.

Nah, sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk makan sebelum olahraga?

 

Berita Terkait

Berita Terkini