Info

Lima Olahraga ini Paling Pas Buat Kamu yang Merasa Obesitas

Olahraga menjadi salah satu solusinya. Namun, olahraga berat tak disarankan bagi orang yang kelebihan berat badan.

Rauhanda Riyantama

ilustrasi olahraga dengan bola pilates. (Shutterstock)
ilustrasi olahraga dengan bola pilates. (Shutterstock)

Himedik.com - Jika kamu mengalami obesitas dan mulai mengganggu aktivitas. Olahraga menjadi salah satu solusinya. Namun, olahraga berat tak disarankan bagi orang yang kelebihan berat badan.

Banyak orang yang melakukan olahraga lari karena dirasa murah dan dapat dilakukan di mana saja. Perlu diketahui, lari bagi orang yang obesitas berisiko tinggi. Saat berlari, lutut mereka akan menopang dua kali lipat beban tubuh sehingga dapat merusak sendi. Parahnya lagi, mereka dapat terkena osteoarthritis yaitu penyakit yang disebabkan karena rusaknya tulang rawan yang berada di ujung sendi.

Tulang rawan merupakan jaringan ikat yang menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindungi dari gesekan antar sendi. Kondisi osteoarthritis tidak dapat disembuhkan, melainkan dicegah.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu olahraga yang baik dan cocok untuk tubuh. Beberapa olahraga di bawah ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami obesitas. Yuk, simak ulasannya.

1. Berenang.

Renang bisa dikatakan salah satu olahraga yang murah. Di samping itu, renang juga termasuk olahraga kardio. Selain membakar kalori lebih banyak, rutin berenang akan menyehatkan jantung.

Saat kamu berenang 90 persen beban tubuhmu ditopang air. Renang gaya bebas dalam waktu satu jam dapat membakar kurang lebih 493 kalori.

2. Bola pilates.

Jika kamu pergi ke tempat gym, pasti akan menjumpai bola besar. Nah, itulah yang disebut bola pilates. Bola pilates berfungsi untuk mengurangi lemak bagian perut, sekaligus membentuk otot perut.

Dengan bola tersebut, kamu dapat melakukan sit-up dengan meletakkan kedua kaki di atas bola. Pembentukan otot perut juga efektif mempercepat penurunan berat badan.

3. Sepeda statis.

Pada dasarnya sepeda statis digunakan dengan posisi duduk bersandar. Posisi duduk dan bersandar membantu kamu menopang beban tubuh. Dan juga akan membakar kalori kamu, lakukan dengan konsisten untuk hasil maksimal.

4. Olahraga berkelompok.

Olahraga akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman. Dengan begitu kamu bisa saling memberi semangat untuk berolahraga. kami bisa mengikuti kelas zumba, pilates, yoga, dan aerobik.

Selain itu, dengan olahraga bersama teman kamu akan lebih termotivasi dan konsisten menurunkan berat badan.

5. Berjalan kaki.

Nah, yang terakhir ini adalah berjalan kaki. Olahraga ini bisa dilakukan setiap saat dan juga yang paling cepat membakar lemak. Selain itu, berjalan juga tidak akan merusak sendi-sendi kaki dibandingkan berlari. Berjalan memiliki efek samping yang rendah dan tidak memberi tekanan berlebih pada tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini