Info

Enam Manfaat Tidur Telanjang yang Perlu Kamu Ketahui

Tidur telanjang dapat mencegah penyakit diabetes.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi tidur telanjang. (unsplash.com)
Ilustrasi tidur telanjang. (unsplash.com)

Himedik.com - Tidur adalah salah satu hal yang penting dan dibutuhkan manusia. Setelah beraktifitas seharian, malam hari adalah waktu yang tepat untuk hal ini.

Mendapatkan kualitas tidur yang baik sangat mempengaruhi kesehatan. Namun, jika kurang tidur akan membuat tubuh lesu hingga menyebabkan penyakit.

Tahukah kamu bahwa tidur tanpa pakaian atau telanjang akan membuat seseorang mendapat kualitas tidur yang lebih baik? Yuk simak beberapa manfaat dibawah ini.

Tidur telanjang (unsplash.com)
Tidur telanjang (unsplash.com)

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Menurut Lisa Shives MD, dari National Sleep Foundation, tidur telanjang akan membuat tidur lebih nyenyak dan mengurangi resiko terbangun karena kepanasan.

Saat tertidur, suhu tubuh akan turun 0,5 derajat celcius, jika tidur tanpa menggunakan pakaian tubuh akan lebih mudah untuk melepaskan suhu tubuh.

2. Mencegah penuaan dini

Tidur telanjang akan membuat kamu awet muda, karena saat tidur tubuh akan memproduksi hormon anti penuaan atau hormon melatonin.

Jadi, semakin kamu tidur nyenyak semakin banyak tubuh memproduksi hormon tersebut.

3. Terbebas dari penyakit kulit

Dengan tidur telanjang, memberi kesempatan tubuh terkena udara sehingga mengurangi tingkat kelembapan pada bagian tubuh. Hal ini yang mencegah perkembangan jamur atau bakteri dan menyebabkan penyakit kulit.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Dengan tidur tanpa pakaian, kamu tidak akan mengalami kondisi terbelit atau tertekan dengan pakaian yang kamu gunakan. Jadi, sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar.

Selain itu, menghindari dari penyakit yang berhubungan pembuluh darah, seperti jantung, hipertensi, varises, dan lain-lain.

5. Mencegah penyakit diabetes tipe 2

Saat tidur telanjang suhu tubuh akan menjadi lebih rendah. Hal ini berhubungan dengan terjadinya peningkatan sistem metabolisme tubuh dan mengurangi kadar gula rendah yang bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Beberapa teori mengatakan, semakin sering kamu melihat tubuhmu telanjang semakin kamu menerima apa adanya tubuhmu. Tidur telanjang salah satu caranya. Hal ini yang menyebabkan rasa percaya diri seseorang meningkat.

Berita Terkait

Berita Terkini