Info

Enam Cara Menghilangkan Bau kaki

Selain merendam kaki dengan campuran bahan alami, jagalah kebersihan sepatu dan kaos kaki yang kamu gunakan

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi bau kaki (menhealth)
Ilustrasi bau kaki (menhealth)

Himedik.com - Bau kaki pasti pernah dialami setiap orang. Ketika kita memakai sepatu tertutup dalam waktu yang lama, lalu timbul adanya bau kaki, itu adalah hal yang biasa terjadi.

Bau kaki membuat orang di sekitar kita merasa tidak nyaman. Misalnya jika sudah beraktifitas lama menggunakan sepatu, lalu makan di restoran lesehan yang harus melepas sepatu.

Terkadang bau kaki membuat kita merasa malu karena orang di sekitar pasti menganggap bahwa kita jorok, atau tidak pernah menjaga kebersihan kaki.

Penyebab bau kaki bermacam-macam, yaitu:

  • Perubahan hormon pada remaja yang menyebabkan produksi keringat naik.
  • Hyperhidrosis, kondisi dimana seseorang berkeringat lebih banyak dibanding orang lain.
  • Menggunakan kaos kaki yang sama dalam waktu yang lama.
  • Tidak menjaga kebersihan sepatu, misalnya menggunakan sepatu yang sama setiap hari tanpa menjemurnya.

Namun, bau kaki dapat diatasi dengan cara berikut.

1. Garam

Garam dapat melembabkan kulit kaki sekaligus menghilangkan bakteri. Campurkan garam sebanyak 100 gram ke dalam air di baskom atau ember kemudian rendam kaki selama kurang lebih 20 menit.

2. Cuka

Atau kamu juga bisa memakai cuka. Dengan mencampurkan cuka sebanyak 50 ml ke dalam air, kemudian rendam kaki selama 30 menit.

3. Teh hitam

Teh hitam. (iStock)
Teh hitam. (iStock)

Sama halnya dengan garam dan cuka, rendam lima kantung teh hitam ke dalam air hangat kemudian rendam kaki selama 30 menit. Asam dari teh hitam akan membantu menutup pori-pori yang mengeluarkan keringat berlebih.

4. Deodoran

Tidak hanya berfungsi untuk mencegah dan menghilangkan bau badan, deodoran juga bisa kamu pakai di kaki sebelum memakai sepatu. Kinerja deodoran yang kamu gunakan pada kaki akan sama dengan yang kamu gunakan pada ketiak.

5. Potong kuku kaki

Kuku kaki yang panjang dan kotor menjadi sarangnya bakteri penyebab bau kaki. Maka dari itu rajinlah memotong kuku kaki paling tidak seminggu sekali.

6. Jaga kebersihan

Jagalah kebersihan sepatu dan kaos kaki yang kamu gunakan. Hal ini penting karena kaos kaki dan sepatu yang kotor adalah hal utama yang dapat menyebabkan bau kaki.

Mudah kan?

Berita Terkait

Berita Terkini