Info

Minum Air Es/Dingin Setelah Olahraga Ganggu Kesehatan, Benarkah?

Untuk melepas dahaga, pilihan yang paling pas adalah minum air es. Tapi, amankah?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi minum air dingin (shutterstock)
Ilustrasi minum air dingin (shutterstock)

Himedik.com - Setelah lelah berolahraga tubuh akan merasakan dehidrasi yang teramat sangat. Hal ini membuat sebagian besar orang lebih memilih untuk memuaskan dahaga dengan meminum air dingin.

Tetapi, ''katanya'' hal tersebut bisa mengganggu kesehatan. Benarkah demikian? Yuk cari tahu faktanya!

Air bisa dikatakan air es jika memiliki suhu di bawah empat derajat celcius. Sedangkan air dingin memiliki suhu sekitar empat hingga 15 derajat celcius.

Nah, minuman sejenis es teh, es jeruk, atau es lain semacamnya yang pembuatannya dicampur dengan es batu belum tentu membuatnya menjadi air es. Jadi, air dingin tidak sama dengan air es ya.

Perlu kamu tahu, jika seseorang terlalu banyak minum air es ada kemungkinan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini tentunya meningkatkan risiko berhentinya aliran darah. Selain itu, minum air es setelah berolahraga juga bisa menyebabkan seseorang terkenan hyponatermia.

Air Es (iStock)
Air Es (iStock)

Yaitu suatu kondisi di mana kadar sodium dalam darah menurun drastis secara tiba-tiba. Padahal sodium ini merupakan senyawa elektrolit yang berperan dalam mengatur kadar air di dalam tubuh.

Nah, saat tubuh kekurangan elektrolit, sel-sel tubuh bisa mengalami pembengkakan. Bahkan berisiko menyebabkan kematian.

Lalu bagaimana dengan air dingin?

Nyatanya, ketika minum air dingin setelah olahraga, air mampu melewati lambung lebih cepat dibandingkan dengan air es. Kemudian air bisa langsung dikirim menuju usus halus untuk penyerapan yang lebih maksimal.

Air Dingin (iStock)
Air Dingin (iStock)

Selain itu, minum air dingin juga mencegah suhu tubuh meningkat secara drastis. Jadi bisa disimpulkan bahwa minum air dingin setelah berolahraga tidak terbukti bisa mengganggu kesehatan.

Jadi, tidak masalah jika ingin minum air dingin asalkan bukan air es. Meski demikian, hindari minum air yang terlalu dingin ya. Jika memang pilihannya hanya ada air es dan air biasa dengan suhu kamar, maka jelas lebih baik kamu minum air dengan suhu kamar.

Berita Terkait

Berita Terkini