Info

Yuk, Perbaiki Mood Kamu dengan Konsumsi Makanan Berikut

Pilihan makanan yang kamu konsumsi ternyata berpengaruh terhadap suasana hati, lho!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Olahan udang (Dapur Lagi)
Olahan udang (Dapur Lagi)

Himedik.com - Jika kamu selalu memiliki masalah dengan mood, mungkin ada yang salah sama pemilihan makananmu. Pasalnya, makanan bisa juga memengaruhi mood seseroang. Contohnya nih, makanan dengan kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan produksi hormon serotonin.

Apa pengaruhnya? Perlu kamu tahu, serotonin merupakan hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati, pencernaan, tidur, dan ingatan. Nah, dalam produksi hormon serotonin tubuh membutuhkan sejumlah bahan dasar salah satunya yaitu asam amino triptofan (esensial).

Masalahnya, tubuh tidak bisa menghasilkan sendiri zat tersebut. Sehingga dibutuhkan asupan makanan yang mengandung asam amino esensial.

Lebih lanjut, makanan yang kaya triptofan tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan karbohidrat dalam pembentukan serotonin.

Nah, karbohidrat yang sudah berbentuk gula sederhana dalam darah akan membuat tubuh melepaskan insulin lebih banyak. Insulin inilah yang mendorong penyerapan asam amino triptofan dan meninggalkannya dalam darah yang selanjutnya mengalir ke otak.

Sudah jelas kan mengenai kaitan makanan dengan mood? Jadi, supaya kamu tidak mudah bad mood, coba yuk perbanyak konsumsi makanan di bawah ini.

1. Ikan salmon
Ikan salmon terkenal akan kandungan asam lemak omega 3-nya. Selain itu, ia juga mengandung triptofan. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsumsi salmon yaitu membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga keseimbangan kolesterol.

2. Susu dan produk turunannnya

Yogurt (lovingitvegan)
Yogurt (lovingitvegan)


Meski tidak sebanyak ikan salmon, sumber protein hewani ini juga mengandung triptofan. Nah, kamu yang tidak suka ikan, perbanyak konsumsi susu, keju, atau yogurt ya supaya tidak bad mood.

3. Tahu

Tahu (primarasa)
Tahu (primarasa)


Murah meriah dan bisa atasi bad mood tentunya. Tak hanya mengandung kalsium, sumber protein nabati satu ini juga kaya akan asam amino triptofan. Cocok nih, sebagai pilihan para vegetarian.

Selain tiga makanan di atas, kamu bisa konsumsi telur atau udang juga lho untuk memperbaiki mood. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini