Info

Tak Disangka, Kegiatan Sepele Ini Mampu Membakar Kalori

Bahkan dengan tertawa, kalorimu sudah terbakar beberapa persen.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi membakar kalori (farthub)
Ilustrasi membakar kalori (farthub)

Himedik.com - Memang menjadi dambaan bagi setiap orang memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Untuk mendapatkannya butuh sedikit pengorbanan, olahraga salah satunya.

Olahraga merupakan cara paling efektif untuk membakar kalori dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Namun, siapa bilang membakar kalori hanya dengan berolahraga? Beberapa hal kecil berikut yang biasa kamu lakukan juga dapat membakar kalori lho.

1. Mengunyah permen karet

Ilustrasi mengunyah permen karet (mignews)
Ilustrasi mengunyah permen karet (mignews)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island menyatakan bahwa orang yang mengunyah permen karet sebelumnya, akan mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Hal ini disebabkan mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang.

2. Menggosok gigi

Ilustrasi menggosok gigi (onurozturk)
Ilustrasi menggosok gigi (onurozturk)

Menurut beberapa penelitian, menggosok gigi sebanyak 45 kali hitungan dengan durasi dua menit dalam sekali gosok gigi mampu membakar 200 kalori.

3. Tertawa

Ilustrasi tertawa (rd)
Ilustrasi tertawa (rd)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menonton film komedi dan menghabiskannya dengan tertawa, dapat membakar kalori. Sebab saat tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung yang kemudian meningkatkan metabolisme sebesar 10-20%.

4. Bernyanyi

Ilustrasi bernyanyi (samacharnama)
Ilustrasi bernyanyi (samacharnama)

Bernyanyi dapat membakar hingga 136 kalori per jam. Kalori terbakar karena adanya pola pernapasan tertentu yang harus dilakukan saat bernyanyi. Selain itu, otot-otot juga ikut berkontraksi sehingga semakin banyak kalori yang terbakar.

Benar bukan? Tanpa kamu sadari, selama ini kalorimu sudah terbakar dengan beberapa hal kecil tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini