Info

Enam Makanan yang Bikin Tulang Kuat dan Tak Mudah Keropos

Sangat tinggi kandungan kalsium dan vitamin D.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Tulang dan sendi yang kuat. (TheHealthSite.com)
Tulang dan sendi yang kuat. (TheHealthSite.com)

Himedik.com - Ketika kamu berolahraga, bukan hanya otot yang tumbuh lebih kuat, tulang juga bisa mendapat manfaat dari latihan yang selama ini kamu jalani.

Selain olahraga, kamu juga dapat membangun tulang dan persendian yang lebih padat dengan makanan yang tepat.

Dilansir dari mensjournal, HiMedik menemukan 6 makanan yang bisa membantu pertumbuhan tulang agar lebih kuat dan tak mudah keropos.

1. Susu

Susu adalah sumber vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk membangun tulang yang kuat. Satu cangkir susu mengandung 30 persen dari jumlah kalsium harian yang direkomendasikan dan 25 persen vitamin D.

Tambahkan susu ke dalam smoothie pagi atau shake harian. Kamu bahkan dapat minum susu coklat pasca-latihan untuk meningkatkan pemulihan otot.

2. Sarden

Ikan dengan tulang kecil yang dapat dimakan, seperti ikan sarden dan salmon kaleng mengandung sumber kalsium dan bahkan vitamin D. Sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung.

3. Tahu

Tahu yang dibuat dengan kalsium sulfat dapat memberikan sekitar 15 persen dari jumlah kalsium harian yang direkomendasikan. Kombinasikan tahu dengan beberpa jenis sayuran untuk makan malammu.

Tulang dan sendi yang kuat. (Remedies and Recipes)
Tulang dan sendi yang kuat. (Remedies and Recipes)

4. Almond

Magnesium memainkan peran dalam membangun tulang yang kuat dan sehat. Kacang-kacangan, seperti almond, adalah sumber magnesium yang sangat baik dengan 1 ons (sekitar 23 biji almond), menyediakan 19 persen dari jumlah yang direkomendasikan. Almond juga menyediakan kalsium — sekitar 7 persen dari rekomendasi harian.

5. Sarapan Sereal

Sarapan sereal diperkaya dengan kalsium dan vitamin D yang bekerja sama untuk menjaga tulang tetap kuat.

Pastikan kamu membaca label untuk memastikan sereal mengandung nutrisi penting ini. Nikmati semangkuk sereal dengan susu, yogurt Yunani, atau keju untuk memompa asupan kalsium dan vitamin D.

6. Jus

Jika kamu tidak gemar susu, kamu bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D yang sehat melalui jus misalnya dari jus jeruk dan nanas.

Pastikan jus yang kamu beli mengandung kalsium dan vitamin D. Pastikan minum jus 1 gelas per hari ya.

Beberapa makanan dan minuman di atas dapat kamu konsumsi untuk memperkuat tulang.

Berita Terkait

Berita Terkini