Info

Tiga Mitos Seputar Menggunting Rambut

Katanya, menggunting rambut sama artinya dengan buang sial.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menggunting rambut. (Today)
Ilustrasi menggunting rambut. (Today)

Himedik.com - Ada saja mitos yang berkembang di masyarakat. Termasuk masalah gunting rambut pun, memiliki beragam mitos menarik yang perlu kamu simak. Apa saja sih mitosnya?

1. Menggunting rambut membuat rambut cepat panjang
Banyak yang percaya bahwa sering memotong ujung rambut akan membuat rambut cepat panjang. Padahal faktanya, setiap bulannya rambut akan bertambah panjang 1,5 cm yang artinya 18 cm setiap tahun.

Jadi dipotong atau tidak, rambut akan tetap mengalami pertambahan panjang setiap bulannya. Namun, jika ingin rambut cepat panjang kamu harus perhatikan kondisi kesehatan rambut.

Pasalnya pertumbuhan rambut yang cepat salah satunya dipengaruhi oleh kesehatan rambut dan tubuh. Selain itu, faktor hormon, nutrisi, jenis rambut, dan usia juga turut memengaruhi.

Ilustrasi menggunting ujung rambut. (Tes)
Ilustrasi menggunting ujung rambut. (Tes)

2. Menggunting rambut artinya membuang sial
Sebagian orang percaya bahwa menggunting rambut bisa membuang sial. Oleh karena itu banyak orang yang menggunting rambutnya setelah mengalami patah hati atau semacamnya.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa penampilan rambut bisa memengaruhi suasana hati seseorang bahkan lebih.

3. Menggunting rambut membuat rambut tebal
Kenyataannya tidak ada fakta ilmiah yang membuktikan bahwa menggunting rambut bisa membuat rambut tebal. Tapi jika yang dimaksud adalah tampilan visualnya, ada kemungkinan memang benar.

Ilustrasi rambut tebal. (gettyimage)
Ilustrasi rambut tebal. (gettyimage)

Pasalnya rambut pendek memang terlihat lebih tumpul dan tebal dibandingkan rambut panjang yang menjuntai.

Meskipun hanya mitos, faktanya menggunting rambut memang menimbulkan kepuasaan tersendiri. Selain itu, menggunting rambut merupakan salah satu cara cepat dan mudah untuk mengatasi kerusakan rambut. Nah, dari ketiga hal di atas, mana nih yang hingga saat ini masih kamu percaya?

Berita Terkait

Berita Terkini