Info

Ketahui 3 Jenis Karbohidrat dan Sumber Makanan yang Meliputinya

Karbohidrat terbagi menjadi gula, pati, dan serat.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sumber karbohidrat. (pixabay)
Sumber karbohidrat. (pixabay)

Himedik.com - Karbohidrat merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Tapi tahukah kamu kalau karbohidrat terbagi menjadi tiga macam?

Ya, gula, pati, dan serat merupakan jenis dari karbohidrat yang terdapat dalam makanan.

1. Gula

Gula merupakan struktur paling sederhana dari karbohidrat. Terdapat dua jenis gula yaitu alami dan buatan. Gula alami ini terkandung dalam buah-buahan, sedangkan gula buatan terbuat dari tebu atau yang ditambahkan pada sirup, buah kaleng, dan lain sebagainya.

2. Pati

Dikenal juga sebagai karbohidrat kompleks. Sumber makanan yang kaya akan pati adalah gandum, beras, kacang merah, kacang hitam, jagung, dan kentang.

Kentang, sumber pati. (pixabay)
Kentang, sumber pati. (pixabay)

3. Serat

Serat terdapat dalam makanan nabati seperti sayur dan buah-buahan. Nutrisi ini tidak dapat dicerna dan langsung melewati usus. Tak seperti gula dan pati, serat membantu tubuh melancarkan proses pencernaan.

Selain itu, menurut beberapa penelitian diet tinggi serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh sebab itu, banyak pakar yang menyarankan pelaku diet untuk mengonsumsi makanan tinggi serat.

Sumber makanan yang kaya akan serat di antaranya sayuran, buah, kacang-kacangan, roti gandum, pasta gandum, dan sereal gandum.

Meski ketiganya dibutuhkan oleh tubuh, tapi penting bagi kamu untuk mengetahui seberapa banyak asupan dari masing-masing nutrisi yang diperlukan tubuh. Pasalnya sesuatu yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, jangan asal makan makanan yang mengandung karbohidrat.

Berita Terkait

Berita Terkini