Info

Tiga Olahraga yang Cocok untuk Lansia Agar Tetap Sehat dan Bugar

Salah satunya jalan kaki.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi olahraga untuk lansia. (pixabay/janeb13)
Ilustrasi olahraga untuk lansia. (pixabay/janeb13)

Himedik.com - Umur tua sebaiknya tidak jadi penghalang seseorang untuk berolahraga. Justru karena tak lagi muda gerakan ringan seperti senam akan membantu tubuh tetap bugar.

Namun, selain senam ada beberapa olahraga ringan lain yang bisa dilakukan oleh lansia. Pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah jenis olahraga kardio karena dapat meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan kelenturan tubuh. Apa saja?

1. Taichi

Berasal dari China, olahraga taichi dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental melalui serangkaian gerakan lambat tapi teratur. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan keseimbangan serta kekuatan tubuh.

Taichi. (pixabay/pcdazero)
Taichi. (pixabay/pcdazero)

2. Yoga

Yoga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Seperti membantu melatih pernpasan, keseimbangan, kelenturan, kekuatan, dan memperbaiki suasana hati. Olahraga ini juga memungkinkan siapa pun termasuk lansia melakukan berbagai postur tertentu.

3. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga kardio ringan yang paling populer. Meski sederhana, jalan kaki dapat meningkatkan kerja jantung dan membakar kalori.

Itulah tiga olahraga yang cocok untuk lansia. Ajak kakek nenekmu olahraga yuk supaya tetap sehat dan bugar.

Berita Terkait

Berita Terkini