Info

Sulit Tidur? Coba Dengar Jenis Musik Ini, Bikin Kamu Nyenyak

Jangan sampai putar salah musik ya saat kamu tidur.

Dany Garjito | Yuliana Sere

Sulit Tidur? Coba Dengar Jenis Musik Ini, Dijamin Langsung Nyenyak. (unsplash)
Sulit Tidur? Coba Dengar Jenis Musik Ini, Dijamin Langsung Nyenyak. (unsplash)

Himedik.com - Musik sudah terbukti sangat membantu hampir semua orang untuk melakukan sesuatu, misalnya ketika olahraga musik membuat kita semakin semangat dan produktif.

Musik juga bisa membuat kita semakin fokus, mengurangi tingkat kecemasan, membantu meringankan rasa sakit, bahkan bermanfaat bagi mereka yang mengalami insomnia.

Di Amerika Serikat, diperkirakan 50 hingga 70 juta orang dewasa melaporkan mengalami kesulitan tidur.

Seiring waktu, kurang tidur dikaitkan dengan penambahan berat badan, memori yang lebih buruk, peningkatan risiko cedera dan sebagainya.

Sebuah survei yang baru dipublikasikan mengungkapkan lebih dari 600 peserta melaporkan bahwa mereka menggunakan musik agar bisa tertidur.

Musik dari Johann Sebastian Bach tampaknya menjadi paling populer, selanjutnya diikuti oleh Ed Sheeran, Wolfgang Amadeus Mozart, Brian Eno, Coldplay, dan Frédéric Chopin.

Mendengar musik. (theriseandshine)
Mendengar musik. (theriseandshine)

Lebih dari 30 persen peserta melaporkan jenis musik klasik membantu mereka tidur. Namun sebenarnya ini sangat bervariasi pada setiap individu.

Sleep Foundation merekomendasikan untuk mendengarkan lagu yang kamu tahu sehingga bisa mencapai keadaan rileks. Ketika kamu sudah tahu kata-kata dan melodi, maka kamu akan menemukan kenyamanan dalam rutinitasmu.

Sementara jika kamu mendengarkan musik baru maka ini akan membuat otak lebih bekerja keras untuk mengolahnya dan membuat kamu tetap terjaga.

Jika kamu ingin membuat daftar lagu sendiri, Lyz Cooper dari British Academy of Sound Therapy merekomendasikan memilih lagu yang memiliki 60 denyut per menit atau kurang dari itu.

''Kamu bisa mendengar musik yang terdapat pengulangan ritme, frasa, tempo lambat dan nada rendah. Di sisi lain, kamu bisa memilih musik yang memberikan memori positif karena ini memberikan manfaat psikologis,'' tambahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini