Info

5 Kelebihan Diet Mediterania, Salah Satunya Baik untuk Otak

Diet Mediterania adalah diet yang berasal dari pola makan berbagai negara yang terletak di sepanjang perbatasan laut Mediterania.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)
Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)

Himedik.com - Diet Mediterania adalah diet yang berasal dari pola makan berbagai negara yang terletak di sepanjang perbatasan laut Mediterania. Sebagian besar sumber kalori diet ini didapatkan dari konsumsi lemak sehat yang bersumber dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran.

Berikut telah dirangkum, apa saja kelebihan diet Mediterania dibandingkan dengan program diet lainnya.

1. Tidak perlu menghitung kalori

Kamu tidak perlu 'kalkulator' untuk menghitung kalorinya. Alih-alih menambahkan angka, kamu bisa menukar lemak jahat untuk jantung yang sehat.

Ganti mentega dengan minyak zaitun. Coba ikan atau unggas daripada daging merah. Serta nikmati buah segar dan hindari konsumsi makanan manis.

Selain itu, kamu juga bisa makan beragam sayuran, kacang, roti gandum, dan wine. Namun, meski semuanya bagus untuk tubuh, batasi konsumsi kacang sehari sebanyak satu genggam, dan wine dalam porsi sedang.

2. Konsumsi lemak diperbolehkan

Kamu hanya perlu mencari sumber lemak baik seperti yang terdapat dalam kacang, zaitun, dan minyak zaitun. Lemak ini bukan lemak jenuh atau lemak trans yang tersembunyi dalam makanan olahan, melainkan menambah rasa dan membantu melawan penyakit diabetes hingga kanker.

Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)
Menu diet mediterania. (pixabay/RitaE)

3. Konsumsi wine diperbolehkan

Konsumsi makanan ditemani dengan segelas wine sering dijumpai di banyak negara Mediterania. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa bagi sebagian orang, satu gelas wine sehari untuk wanita dan dua gelas untuk pria ada kemungkinan baik untuk jantung. Namun, untuk lebih jelasnya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai masalah ini.

4. Baik untuk jantung

Hampir semua menu dalam diet ini baik untuk jantung. Minyak zaitun dan kacang-kacangan membantu menurunkan kolesterol jahat. Ikan membantu menurunkan trigliserida dan tekanan darah. Sedangkan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan membantu menjaga arteri tetap bersih.

5. Baik untuk otak

Selain menyehatkan jantung, menu makanan diet juga menyehatkan otak. Ini karena dalam diet mediterania, pelaku diet tidak mengonsumsi lemak jahat sama sekali yang mana dapat menyebabkan peradangan. Sebaliknya, makanan yang kaya antioksidan membuat pola makan ini menjadi pilihan yang baik untuk otak.

Itulah lima kelebihan diet mediterania yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini