Info

Hati-hati, Terlalu Sering Main HP Bisa Sebabkan Migrain

Hal ini ada kaitannya dengan paparan cahaya biru dari layar ponsel.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bermain HP. (pixabay/FirmBee)
Ilustrasi bermain HP. (pixabay/FirmBee)

Himedik.com - Banyak orang mengeluhkan mata sakit dan kepala pusing setelah menatap layar komputer atau HP terlalu lama. Katanya, hal tersebut disebabkan oleh paparan sinar radiasi dari ponsel yang mengganggu kinerja otak. Namun, apakah benar demikian?

Faktanya memang benar begitu. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cephalalgia, memaparkan bahwa menatap layar ponsel terlalu lama bisa menjadi salah satu pemicu di balik kambuhnya migrain. Hal itu terbukti setelah Montagni beserta tim meneliti sebanyak 5.000 remaja yang rata-rata berusia 20 tahun.

Selama penelitian, mereka diukur berapa lama menatap layar ponsel, komputer, atau televisi setiap harinya. Hasilnya, para ahli dari International Headache Society ini menemukan bahwa semakin sering seseorang main HP, maka semakin besar pula risiko terserang migrain.

Ilustrasi stres. (pixabay)
Ilustrasi migrain. (pixabay)

Menurut para ahli, hal itu disebabkan oleh paparan cahaya biru dari ponsel atau layar komputer yang lama kelamaan dapat menganggu sinyal di otak dan menyebabkan stres. Nah, stres yang menumpuk itulah yang memicu migrain.

Namun, dalam penelitian yang dilakukan, mereka tidak menemukan bukti bahwa bermain ponsel dapat meningkatkan risiko jenis sakit kepala lainnya selain migrain.

Jadi, kalau kamu punya migrain jangan main HP atau komputer terlalu lama ya. Sebaiknya dikurangi karena juga tidak baik buat kehidupan kamu.

Berita Terkait

Berita Terkini