Info

Minum Jus vs Makan Buah Segar, Lebih Sehat Mana?

Antara minum jus buah dan makan buahnya langsung sebenarnya sama-sama menyesehatkan.

Rauhanda Riyantama

Jus buah. (pexels)
Jus buah. (pexels)

Himedik.com - Dewasa ini, tren minum jus buah ketimbang makan buah langsung sedang marak. Penyebabnya pun beragam, antara lain karena minum jus dirasa lebih praktis serta mendapat manfaat yang sama.

Namun pernahkah bertanya-tanya, lebih sehat mana antara minum jus buah dan makan buahnya langsung? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini Himedik akan membahasnya.

Jus buah memang memiliki tingkat kepraktisan yang lebih tinggi, karena mudah didapat dan dinilai mempunyai kandungan yang sama seperti buah aslinya. Namun, minum jus buah tidak sesehat yang dibayangkan.

Hampir semua jus buah yang dijual di pasaran menyatakan bahwa mengandung ekstrak buah asli. Tapi pertanyaan, berapa banyak kandungan ekstrak tersebut?

Bisa dipastikan, jus buah yang dijual tidak mengandung 100 % buah asli. Ada campuran zat aditif sebagai penguat rasa jus buah.  

Menurut berbagai penelitian, terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung zat aditif berisiko terkena penyakit kronis. Seperti jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.

Patuhi aturan minum jus buah. (megalife.com.hk)
Minum jus buah vs makan buah. (shutterstock)

Salah satu hal yang mengharuskan kamu makan buah langsung adalah buah mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh, khususnya pencernaan. Namun jika mengganti buah segar dengan jus buah, maka tidak akan mendapat serat sebanyak makan buah langsung. 

Selain itu, mengunyah buah secara perlahan maka zat-zat gizi, termasuk gula yang terkandung di dalam buah akan dicerna dan dipecah secara bertahap. Pemecahan gula pertama kali terjadi di mulut, lalu di lambung, dan berakhir pada penyerapan di usus kecil. 

Namun begitu, antara minum jus buah dan makan buahnya langsung sebenarnya sama-sama menyesehatkan. Asal kandungan dalam jus buah tidak ditambahkan zat-zat pengawet dan gula yang berlebihan.

Berita Terkait

Berita Terkini