Info

Takaran Gula dalam Sehari Berbeda pada Pria dan Wanita

Ini takarannya.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Himedik.com - Studi menunjukkan orang yang makan terlalu banyak gula memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol buruk, peradangan, serta diabetes.

Namun harus kamu ingat bahwa gula yang terdapat dalam buah dan susu (laktosa) tidak bermasalah.

Gula alami yang tersimpan dalam makanan juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Buah-buahan dan sayuran juga mengandung antioksidan dan serat yang bisa melawan penyakit, serta mengandung nutrisi yang mungkin tidak terdapat dalam asupan harianmu.

Untuk mengetahui berapa gram gula yang harus kamu konsumsi dalam sehari, The American Heart Association mengatakan ini tergantung pada siapa sasarannya.

Pria harus makan tidak lebih dari sembilan sendok teh gula tambahan (atau 150 kalori atau 36 gram) dan wanita harus berada di kisaran enam sendok teh (100 kalori atau 25 gram).

Gula. (pixabay)
Gula. (pixabay)

Jika kamu tidak sempat mengukur berapa banyak takaran gula dalam sehari, maka kamu bisa memangkas asupan gula, misalnya dari minuman soda atau minuman manis lainnya.

Satu kuncinya, kamu juga dianjurkan untuk lebih sering memasak sendiri. Ini bertujuan agar kamu bisa mengontrol kadar gula dalam setiap masakanmu.

Sebagai informasi, berikut beberapa tanda pada tubuh jika kamu sudah mengonsumsi terlalu banyak gula.

1. Jerawat

Rebecca Kazin, MD, dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery dan Johns Departemen dermatologi Hopkins mengatakan beberapa orang sensitif mengalami lonjakan insulin akibat konsumsi banyak gula. Ini akan menyebabkan kulit berjerawat.

2. Lebih murung dari biasanya

Konsumsi banyak gula menyebabkan perubahan suasana hati. Ini membuat kamu menjadi cepat marah dan sensitif.

3. Kamu selalu menginginkan makanan yang manis

Menurut Brooke Alpert, M.S., R.D., penulis The Sugar Detox, gula bersifat adiktif. Semakin banyak gula yang kamu makan, semakin kamu menginginkannya.

4. Kamu merasa lesu sepanjang hari

Energi stabil ketika gula darah stabil. Konsumsi gula yang terlalu banyak membuat gula darah tidak stabil.

Makan banyak gula juga berarti kamu kemungkinan tidak mengonsumsi cukup protein dan serat yang sama-sama berguna membangun energi.

Berita Terkait

Berita Terkini