Info

Tahu Ngga sih Kalau Ukuran Berikut Sama dengan Ukuran Berat Badan?

Gula darah yang terlalu tinggi ditandai dengan penurunan berat badan.

Agung Pratnyawan | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berat badan. (pixabay)
Ilustrasi berat badan. (pixabay)

Himedik.com - Tubuh terasa makin berat, semua orang pasti refleks mengaca dan menimbang berat badan. Namun, jika kamu merasa 'takut' melihat angka timbangan cobalah lakukan pengukuran di bawah ini karena hasilnya sama saja kok.

Ukuran pinggang

Coba lilitkan pita ukur di pinggang. Berapapun tinggimu jika ukuran pinggang lebih dari 40 inci (35 inci untuk wanita yang tidak hamil), kamu mungkin memiliki lemak berlebih di sekitar jantung, hati, ginjal, dan organ lainnya.

Gula darah

Kadar gula darah yang normal adalah sekitar 70 hingga 130 mg/dL sebelum makan. Namun, dua jam setelah makan kadarnya akan meningkat kurang dari 180 mg/dL.

Diabetes/pexels
Ilustrasi cek gula darah/pexels

Tingkat glukosa yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada jantung, pembuluh darah, dan ginjal yang ditandai dengan penurunan berat badan.

Lama olahraga

Setidaknya kamu harus berolahraga selama 30 menit dalam sehari dan 5 hari seminggu. Sesekali gunakan semua otot utama untuk menjaga kekuatannya karena hal itu akan membakar lebih banyak kalori daripada lemak, bahkan ketika istirahat.

Nah, jika tak ada kalori dan lemak menumpuk di tubuh sudah jelas berat badan senantiasa terjaga.

Disadari atau tidak sebenarnya dari pola makan saja kamu sudah bisa mengukur berapa banyak lemak yang menumpuk di tubuh. Jadi, jaga pola makanmu ya supaya tubuh tetap sehat tanpa tumpukan lemak berlebih.

Berita Terkait

Berita Terkini