Info

Kinerja 4 Bagian Tubuh Berikut Akan Terganggu Saat Merasa Cemas

Saat cemas jantung akan berdetak lebih cepat dan lebih keras.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi cemas. (pixabay/xusenru)
Ilustrasi cemas. (pixabay/xusenru)

Himedik.com - Merasa cemas atau khawatir merupakan hal yang wajar. Namun, jika kamu tak bisa mengendalikannya dan berlangsung lama hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, maka perlu bicara dengan dokter untuk mengatasinya.

Pasalnya rasa cemas atau khawatir yang berkepanjangan dapat mengganggu kinerja organ maupun jaringan tubuh berikut.

1. Jantung

Rasa cemas yang berlangsung cukup lama akan mengganggu pikiran dan dapat memengaruhi jantung. Kamu akan cenderung mengalami tekanan darah tinggi, serangan jantung, atau stroke.

Bahkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi dapat memicu hormon stres yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan lebih keras. Jika itu terjadi berulang-ulang, pembuluh darah mungkin meradang, yang dapat menyebabkan dinding arteri mengeras, kolesterol, dan masalah lainnya.

Ilustrasi sakit jantung. (pixabay)
Ilustrasi sakit jantung. (pixabay)

2. Perut

Ketika gugup, perutmu mungkin akan terasa tidak nyaman, mual, bahkan muntah. Jika sering terjadi, itu dapat menyebabkan sakit perut dan luka di lapisan perut.

Apalagi kalau kamu terlalu banyak makan makanan tinggi lemak dan gula. Hal itu akan membuat perut bekerja lebih keras untuk mencernanya, sehingga menghasilkan lebih banyak asam. Akibatnya terjadi refluks asam.

3. Pernafasan

Saat kamu merasa sangat khawatir, tanpa disadari kamu mungkin bernapas lebih dalam atau lebih sering. Meskipun bukan masalah besar, ini bisa menjadi serius jika kamu memiliki masalah pernapasan seperti asma, penyakit paru-paru, atau kondisi lainnya.

4. Otot

Otot-otot di bahu dan leher juga akan tegang saat kamu cemas, dan itu bisa menyebabkan migrain atau sakit kepala.

Jadi segera hubungi dokter ya kalau rasa cemas tak kunjung membaik.

Berita Terkait

Berita Terkini