Info

Daftar Makanan yang Cocok Disantap Berdasarkan Musim

Musim panas makan semangka, musim semi rhubarb, kalau dingin apa ya?

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ubi jalar. (pixabay/sdnet01)
Ubi jalar. (pixabay/sdnet01)

Himedik.com - Beda dengan negara-negara di Benua Amerika yang memiliki empat musim, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu panas dan dingin. Namun, hal itu justru menguntungkan karena membuat Indonesia bisa menikmati siang dan malam setiap hari.

Terlepas dari hal itu, melansir dari laman WebMD berikut ada daftar makanan yang cocok disantap berdasarkan musimnya.

Musim semi

Bunga-bunga akan bermekaran ketika musim semi datang. Tak jarang banyak keluarga yang memanfaatkan momen ini untuk pergi liburan.

Nah, makanan yang cocok disantap saat musim semi di antaranya stroberi dan bayam. Keduanya kaya vitamin C yang bagus untuk kesehatan.

Oh dan jangan lupakan rhubarb. Sayuran ini sangat masam, biasanya dipanggang menjadi pai, dan menjadi pertanda musim semi akan segera datang.

Rhubarb. (pixabay/MikeGoad)
Rhubarb. (pixabay/MikeGoad)

Musim panas

Kalau kamu perhatikan di semua film dari negara empat musim, pasti ada yang namanya liburan musim panas. Dan makanan yang identik dengan musim itu adalah semangka.

Tak perlu dijelaskan, sudah jelas itu karena kandungan airnya yang banyak. Sehingga mampu membuat seseorang tetap terhidrasi.

Selain itu semangka juga mengandung likopen dan sejumlah nutrisi lain yang membantu mengembalikan energi usai berlari, bersepeda atau melakukan aktvitas lainnya.

Ada juga zucchini, sayur yang mirip timun. Cobalah santap karena juga memiliki banyak air, bebas lemak, rendah kalori, dan tinggi vitamin C.

Zucchini. (pixabay/auntmasako)
Zucchini. (pixabay/auntmasako)

Musim gugur

Coba siapkan apel. Selain kaya nutrisi, bebas lemak dan kolesterol, dan tinggi serat, apel bisa didapatkan dengan mudah sepanjang tahun.

Mungkin bisa juga menyantap kembang kol karena sayuran ini umumnya dipanen saat musim gugur tiba. Itu mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Kembang kol. (pixabay/thraniwen)
Kembang kol. (pixabay/thraniwen)

Musim dingin

Beberapa petani memanen ubi jalar saat musim gugur, tetapi di banyak daerah hal ini berlanjut hingga musim dingin. Jadi, sangat cocok menyantap ubi jalar saat musim dingin tiba, apalagi mereka adalah sumber vitamin A, C, dan potasium.

Sebenarnya, sah-sah saja kapan mau menyantap deretan makanan di atas. Namun, kamu akan lebih mudah mendapatkannya saat musim panennya.

Berita Terkait

Berita Terkini