Info

4 Latihan untuk Memperkuat Lutut Ini Wajib Kamu Coba

Lakukan latihan untuk memperkuat otot-otot yang menopang lutut dan menjaganya agar tetap fleksibel.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilutrasi lutut. (pixabay/whitesession)
Ilutrasi lutut. (pixabay/whitesession)

Himedik.com - Jangan khawatir olahraga dapat menyebabkan rasa sakit pada lutut. Selama dokter mengatakan tidak apa-apa, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah memperkuat otot-otot yang menopang lutut dan menjaganya agar tetap fleksibel.

Konsultasikan dengan dokter latihan aman yang baik. Mulai perlahan dan bangun seiring waktu. Berikut ulasan lengkapnya dilansir dari laman WebMD.

1. Pemanasan

Kendarai sepeda stasioner selama sekitar lima menit, berjalan kaki cepat selama dua menit sembari memompa lengan, atau push up sebanyak 15 hingga 20 kali. Sederet pemanasan tersebut akan membantu menurunkan risiko cedera.

2. Latihan straight leg raise

Jika lutut dalam kondisi baik, mulailah dengan latihan penguatan sederhana untuk otot-otot bagian depan paha. Langkah ini membuat sedikit tekanan pada lutut.

Mulailah dengan berbaring terlentang di lantai atau permukaan datar lainnya. Tekuk satu lutut dan letakkan kaki rata di lantai.

Jaga agar kaki lainnya tetap lurus, naikkan ke ketinggian lutut yang berlawanan. Ulangi 10-15 kali untuk tiga set.

3. Latihan hamstring

Berbaringlah tengkurap, perlahan bawa tumit sedekat mungkin dengan bokong, dan tahan. Ulangi sebanyak 15 kali dalam tiga set.

4. Wall squat

Berdirilah dengan punggung menempel pada dinding, buka kedua kaki selebar bahu. Tekuk lutut perlahan-lahan, dan jaga punggung dan panggul tetap menempel ke dinding.

Tahan selama 5-10 detik dan jangan membungkuk terlalu dalam. Jika kamu merasakan tekanan atau ketidaknyamanan pada lutut, ubah posisi.

Ulangi latihan ini, dan cobalah untuk menahan posisi duduk beberapa detik lebih lama setiap kali.

Itulah empat latihan untuk memperkuat otot lutut. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini