Info

Tiga Manfaat Jalan Kaki, Salah Satunya Cegah Kenaikan Berat Badan

Berjalan membantumu membangun otot, menghilangkan lemak, dan meningkatkan metabolisme.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi jalan kaki. (pixabay/MabelAmber)
Ilustrasi jalan kaki. (pixabay/MabelAmber)

Himedik.com - Jika kamu adalah orang yang tidak menikmati olahraga, tetapi masih peduli kesehatan, berjalan mungkin adalah solusinya. Pasalnya ada penelitian yang telah membuktikan bahwa berjalan tidak hanya meningkatkan kesehatan tetapi juga mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Dihimpun dari laman doctoroz, berikut manfaat jalan kaki yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu cegah kenaikan berat badan

Berjalan membantumu membangun otot, menghilangkan lemak, dan meningkatkan metabolisme. Semakin cepat langkah dan semakin lama kamu melakukannya, semakin banyak kalori yang akan terbakar.

Namun, bukan berarti kamu bisa makan apa pun yang diinginkan. Untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan, pastikan untuk melakukan diet yang sehat juga.

2. Mengurangi risiko kanker

Berjalan di bawah sinar matahari setidaknya selama 15 menit sehari memberi cukup vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi, penelitian telah menemukan bahwa orang memiliki telomer yang lebih panjang (DNA pada ujung sel yang semakin kecil setiap kali sel membelah).

Sebuah studi dari American Cancer Society menemukan bahwa wanita yang berjalan tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

3. Meningkatkan sistem imun

Berjalan dengan langkah sedang antara 30-45 menit setiap hari dapat meningkatkan sistem imun. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University di Boone, North Carolina, para peneliti menemukan bahwa tingkat pendorong kekebalan peserta tetap aktif selama beberapa jam setelah berolahraga dan itu memiliki efek kumulatif dalam melindungi terhadap penyakit dari waktu ke waktu.

Itulah tiga manfaat jalan kaki untuk kesehatan. Jadi, tak ada alasan untuk malas olahraga ya, jalan kaki cukup membantu kok.

Berita Terkait

Berita Terkini