Info

Alami Gangguan Jiwa, Pria Ini Lukai 11 Orang Pakai Pisau

Penyakit mental adalah kondisi kesehatan yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran atau perilaku (atau kombinasi dari semuanya).

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi penyerangan. (PIxabay/niekverlaan)
Ilustrasi penyerangan. (PIxabay/niekverlaan)

Himedik.com - Diberitakan oleh New York Post, polisi di China selatan mengatakan, sebanyak 11 orang termasuk pelajar terluka karena serangan senjata tajam yang dituduhkan pada seorang pria dengan gangguan jiwa.

Penyerangan yang terjadi hari Kamis itu merupakan kasus terbaru dalam serangkaian penikaman massal di seluruh negeri dengan tersangka penderita penyakit mental atau serangan balas dendam.

Kepemilikian senjata api di China memang diatur secara ketat dan kepemilikan pribadi masuk dalam ranah ilegal, sementara senjata tajam seperti pisau tidak ada aturan khusus.

Ini bukan pertama kali terjadi di China. Pada bulan Desember silam, seorang penyerang dengan pisau mencoba membajak sebuah bus telah menewaskan lima orang dan melukai 21 lainnya.

Ilustrasi pembajakan bus. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi pembajakan bus. (Pixabay/Pexels)

Lalu pada bulan Maret, sembilan orang tewas dalam serangan di luar sekolah menengah yang diduga dilakukan oleh seorang mantan murid yang ingin membalas dendam karena telah diintimidasi.

Sebagai informasi, menurut American Psychiatric Association, penyakit mental adalah kondisi kesehatan yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran atau perilaku (atau kombinasi dari semuanya).

Penyakit mental berhubungan dengan kesusahan dan / atau masalah yang berfungsi dalam kegiatan sosial, pekerjaan atau keluarga. Meski penyakit mental sering terjadi (dari ringan hingga serius), penyakit ini bisa diobati.

Berita Terkait

Berita Terkini