Info

Meski Rajin Olahraga, Masih Perlukah Minum Suplemen?

Rita mewanti-wanti bahwa suplemen bukan dikonsumsi untuk mengganti makanan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi suplemen (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi suplemen (Pixabay/Bru-nO)

Himedik.com - Suplemen, baik yang yang dimakan atau diminum memiliki kandungan nutrisi tersendiri yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, ada satu pertanyaan, apakah orang  yang rajin berolahraga perlu juga mengonsumsi suplemen?

Menurut seorang nutrisionis, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, setiap suplemen  memiliki tujuan yang berbeda, sehingga kita harus tau suplemen yang dibutuhkan tubuh.

"Pertama, suplemen berguna untuk melengkapi makanan sehari-hari. Kedua suplemen ini berguna untuk memenuhi kebutuhan gerak yang tidak menentu," kata Rita saat hadir dalam acara peluncuran kemasan baru susu fitness Muscle First di Jakarta, Senin, (15/4/2019) diberitakan Suara.com.

Gerak yang dimaksud Rita adalah gerakan yang dilakukan untuk alasan kebugaran seperti olahraga atau latihan fisik.

<p><a href="https://pixabay.com/photos/weights-health-happy-sports-1948813/">Ilustrasi olahraga (Pixabay/UptownFitness)</a></p>

Ilustrasi olahraga (Pixabay/UptownFitness)

 

Untuk itu, suplemen masih tetap penting dikonsumsi oleh mereka yang gemar berolahraga.

"Ada juga gerak dengan tujuannya prestasi. Maka makanan yang dikonsumsi akan diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan tujuan ini termasuk mengonsumsi suplemen," tambahnya.

Meski demikian, Rita mewanti-wanti bahwa suplemen bukan dikonsumsi untuk mengganti makanan. Ia juga meminta masyarakat selalu teliti dan membaca kemasan yang terdapat pada label informasi nilai gizi.

"Harus pilih suplemen yang lolos BPOM karena harus mengetahui identitas produk tersebut. Selain itu, seorang juga bisa melihat segala macam hal yang ada dalam produk tersebut," tutupnya.

(Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait

Berita Terkini