Info

Minum Air Rendaman Ketumbar Secara Rutin, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh!

Minum air rendaman ketumbar secara rutin mampu membantu turunkan berat badan dan memperbaiki sistem pencernaan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat konsumsi ketumbar (Pixabay/PDPics)
Manfaat konsumsi ketumbar (Pixabay/PDPics)

Himedik.com - Sejumlah orang mungkin akan mengonsumsi suplemen atau obat-obatan untuk menurunkan berat badan. Padahal ramuan air rendaman ketumbar saja bisa membantu menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Langkah pertama jika ingin menurunkan berat badan dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Contohnya olahraga teratur hingga mengganti semua makanan kurang sehat sehari-hari.

Di samping usaha itu, kita juga bisa mengonsumsi ramuan biji ketumbar untuk mendukung program penurunan berat badan lebih efektif.

Menurut Marryam H. Reshii dalam bukunya 'The Flavour of Spice' dilansir dari ndtv.com, biji ketumbar sangat berguna untuk pengobatan ayurvedic karena mengandung anti-inflamasi dan antibakteri.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa biji ketumbar dapat mengatur kadar kolesterol tubuh, merangsang nafsu makan sekaligus meningkatkan fungsi pencernaan.

Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)
Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)

 

Lalu, bagaimana biji ketumbar yang merangsang nafsu makan membantu menurunkan berat badan?

Ketumbar merupakan sumber serat baik yang mampu merangsang dan meningkatkan sistem pencernaan kita.

Perlu dipahami bahwa pencernaan adalah kunci utama dalam penurunan berat badan. Jika kondisi pencernaan buruk, akan memicu peningkatkan berat badan.

Sebab, kita tidak dapat menyerap dan mengasimilasi nutrisi dengan benar. Selain itu, bisa juga tubuh kita tidak mampu membuang atau menghilangkan limbah secara efisien.

Padahal kondisi ini bisa memperlambat metabolisme tubuh yang akibatnya sulit membakar kalori dengan benar.

Solusinya, minumlah air rendaman ketumbar yang rendah kalori setiap hari guna mengganti semua minumanmu yang tinggi kalori.

Kamu juga bisa menambahkan daun ketumbar di dalam air untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Karena daun ketumbar memiliki kandungan quercetin yang bisa mempercepat metabolisme.

Sehingga, air rendaman ketumbar ini sangat berfungsi sebagai minuman detoksifikasi tubuh. Apalagi kita bisa mendapatkannya dengan murah meriah dan mudah ditemukan.

Cara membuat air rendaman ketumbar pun sangat mudah. Kita hanya perlu memasukkan beberapa biji dan helai daun ketumbar secukupnya ke dalam botol berisi air. Lalu, simpan air rendaman itu ke dalam kulkas semalaman.

Setelah semalaman, minumlah air tersebut pagi harinya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini