Info

5 Cara Meningkatkan Dopamin dalam Tubuh, Gampang Kok!

Ada beberapa hal yang dipercaya bisa meningkatkan kadarnya secara alami, Apa saja?

Vika Widiastuti

Ilustrasi bahagia - (Pixabay/jill111)
Ilustrasi bahagia - (Pixabay/jill111)

Himedik.com - Seseorang akan merasa kurang motivasi dan antusiasme saat tubuh kekurangan dopamin. Jadi memastikan dopamin yang cukup sangat penting. 

Hormon bahagia ini bertanggung jawab untuk menciptakan ingatan dan mengatur gerakan tubuh. Kekurangan hormon ini akan membuat orang menjadi gugup, bingung, dan tertekan.

Hormon ini sebenarnya dilepaskan oleh otak, tetapi ada beberapa hal yang dipercaya bisa meningkatkan kadarnya secara alami. Apa saja? Dilansir dari thehealthsite, berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan dopamin dalam tubuh.

1. Protein

Protein terbuat dari asam amino. Beberapa asam amino seperti tirosin berkaitan dengan produksi dopamin.

Enzim di dalam tubuh akan mengubah tirosin menjadi dopamin. Sama seperti tirosin, asam amino yang disebut fenilalanin juga berkaitan dengan peningkatan kadar dopamin. Asam amino ini ditemukan dalam daging kalkun, sapi, susu, telur, kedelai, dan kacang-kacangan.

2. Hindari asupan lemak jenuh

Berdasarkan penelitian di National Institutes of Health (NIH), Amerika Serikat, mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah tinggi dapat bisa memengaruhi sinyal dopamin di otak. Lemak jenuh yang terdapat dalam daging sapi, babi, dan domba, bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh, yang kemudian menyebabkan perubahan dalam proses pensinyalan area otak.

Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Jose I)
Ilustrasi makan daging. (Unsplash/Jose I)

 

3. Olahraga

Olahraga 10 menit saja bisa meningkatkan kadar endorfin. Menurut NIH, olahraga memicu otak untuk meningkatkan dopamin hingga bisa meningkatkan suasana hati.

4. Konsumsi banyak probiotik

Usus manusia memiliki sel-sel saraf yang menghasilkan dan mengirimkan sinyal ke otak, termasuk sinyal untuk menghasilkan lebih banyak dopamin. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri di usus bisa meningkatkan dopamin.

5. Tidur cukup

Tingkat dopamin menurun pada malam hari. Dopamin dilepaskan dalam tubuh oleh otak untuk membangunkan. Kurang tidur bisa melemahkan pelepasan dopamin yang menyebabkan kekurangan dopamin dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini