Info

Tak Perlu Diet Lagi, Kenali Tanda Berat Badan Anda Termasuk Sehat

Jika tubuh Anda termasuk sehat, Anda tidak perlu lagi diet. Begini cara mengetahuinya!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)
Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)

Himedik.com - Demi memiliki tubuh ramping dan 'ideal', beberapa orang yang nekat melakukan diet atau olahraga secara ekstrem.

Namun, menurunkan berat badan ketika sebenarnya Anda tidak membutuhkannya justru berbahaya bagi kesehatan. Hal ini dapat menurunkan sistem imun sehingga Anda rentan terhadap penyakit.

Agar tidak merusak tubuh Anda sendiri, ketahui tanda bahwa berat badan tubuh Anda sebenarnya sudah sehat sehingga tidak perlu lagi menurunkannya.

1. Penuh Energi

Jika Anda dapat menjalani hari tanpa minum bercangkir-cangkir kopi atau soda, Anda kemungkinan memiliki berat badan yang sehat.

Menurut sebuah penelitian di Penn State College of Medicine yang melibatkan 1.300 peserta, orang dengan berat badan sehat cenderung lebih sedikit mengalami kantuk di siang hari dibandingkan dengan orang obesitas.

2. Berat badan ideal

Jika Anda merasa sehat dan berat badan tetap berada di skala yang sama atau stabil untuk waktu yang lama berarti tubuh Anda 'bahagia' dengan berat tersebut.

Berat ideal adalah angka yang bisa Anda pertahankan tanpa banyak batasan. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat, Anda tidak terus-menerus mengalami penurunan atau penambahan berat badan.

Kelebihan berat badan. (shutterstock)
Kelebihan berat badan. (shutterstock)

3. Periksa detak jantung saat istirahat

Denyut jantung saat istirahat (berapa kali jantung berdetak per menitnya saat Anda beristirahat) dapat menjadi ukuran untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat.

Denyut jantung istirahat rendah berarti jantung Anda bekerja secara efisien, tetapi detak jantung istirahat lebih tinggi dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Melansir The Times of India, seseorang dinilai sehat apabila detak jantungnya 60 hingga 100 denyut per menit, di mana angka yang lebih rendah menunjukkan kesehatan fisik yang lebih baik.

4. Lingkar pinggang Anda sehat

Pakar mengatakan, pinggang yang lebar memiliki garis hidup yang pendek.

Jika Anda memiliki lemak berlebih di bagian pinggang, Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung dan masalah kronis lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini