Info

Puasa Jangan Malas Gerak, Ini 4 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan

Beberapa olahraga ringan masih bisa dilakukan saat puasa tanpa membuat badan lemas.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Jalan santai. (pixabay)
Jalan santai. (pixabay)

Himedik.com - Sebentar lagi, umat muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadan 2020. Menjalani puasa sebulan penuh tentu saja bukan jadi alasan untuk absen olahraga. Beberapa olahraga ringan nyatanya masih bisa Anda lakukan tanpa mengganggu kewajiban berpuasa.

Melansir dari Hello Sehat, ada empat olahraga ringan yang bisa Anda lakukan sambil berpuasa, seperti yoga, berjalan santai, tai chi, hingga bersepeda.

1. Yoga

Yoga tak hanya baik untuk fisik tapi juga baik untuk mental karena akan memberikan Anda ketenangan. Yoga juga bisa melatih kesabaran Anda serta bisa merelaksasikan pikiran.

Gerakan yoga juga bisa menjaga postur tubuh, melincahkan tubuh, hingga memperbaiki kualitas tidur Anda.

Dilansir dari The Health Site, yoga dapat meningkatkan kesehatan jantung hingga mengurangi stres.

2. Jalan Santai

Dilansir dari The Healthy, jalan kaki selama 15 menit memberikan banyak manfaat lebih seperti pelepasan stres, dorongan kreativitas, hingga mengurangi risiko asma.

Menurut Sleep Foundation olahraga seperti jalan santai juga bisa membuat Anda tidur nyenyak di malam harinya.

Ilustrasi yoga. (Shutterstock)
Ilustrasi yoga. (Shutterstock)

3. Tai Chi

Menurut Martin Rizal Soeprapto, Founder Perguruan Tai Chi Energi Alam Semesta, olahraga tradisional Cina yang identik dengan gerakan lambat, pernapasan dalam dan pikiran yang fokus sehingga bisa memberikan dampak emosi yang tenang.

Dengan gerakan olahraga tersebut, tentu puasa Anda tidak akan terganggu karena energi yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Tai Chi sendiri disebut bisa mengatas keluhan nyeri sendi.

4. Bersepeda

Bersepeda bukan hanya olahraga fisik, namun bisa juga menjadi hiburan untuk Anda. Dengan bersepeda, Anda bisa sambil menghirup udara segar sehingga rasa capek tidak akan terasa.

Dilansir dari Boldsky, berseperda bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, menurunkan berat badan, mengontrol diabetes, hingga menurunkan risiko kanker.

Berita Terkait

Berita Terkini