Info

Lapar Usai Olahraga? Ini 7 Makanan yang Harus Dihindari

Sembarangan memngonsumsi makanan usai olahraga dapat membatalkan kerja keras yang baru saja Anda lakukan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makanan diet. (Pixabay)
Ilustrasi makanan diet. (Pixabay)

Himedik.com - Usai olahraga, biasanya perut akan terasa lapar. Namun sebelum makan, ketahui dulu beberapa makanan yang harus dihindari setelah berolahraga.

Dilansir dari laman Eat This, tubuh memang membutuhkan makanan setelah berolahraga untuk mengembalikan energi, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme.

Tetapi, sembarangan memilih makanan dapat membatalkan kerja keras yang baru saja Anda lakukan. Makanan yang sulit dicerna, tinggi gula, atau sarat dengan lemak jenuh, adalah sedikit dari beragam jenis yang sebaiknya tak Anda pilih saat baru saja berolahraga.

Untuk lebih jelasnya, simak makanan apa saja yang berefek buruk pada tubuh usai olahraga.

1. Makanan pedas

Makanan pedas akan sulit dicerna dan Anda harus menjauhinya. "Tubuh Anda baru saja melakukan upaya besar dan sedang dalam kondisi perbaikan," kata Michelle Neverusky, Manajer Kebugaran Carillon Miami Beach.

Itu artinya, tubuh Anda membutuhkan makanan yang mudah dicerna, sedikit protein, sedikit gula untuk mengembalikan kadar gula Anda menjadi seimbang, dan sebagian besar karbohidrat untuk mengisi kembali tingkat energi.

Cabai. (Unsplash/Thomas Evans)
Cabai. (Unsplash/Thomas Evans)

 

2. Soda

Jangan pernah minum soda setelah berolahraga. Tubuh Anda perlu hidrasi dan soda tidak akan memberi hidrasi yang Anda butuhkan. Demikian menurut Stephanie Mansour, pelatih penurunan berat badan dan gaya hidup untuk wanita. "Ditambah lagi, soda bisa membuatmu kembung!" katanya.

3. Protein berat seperti steak

Sama seperti makanan pedas, Neverusky merekomendasikan untuk melewatkan apa pun yang sulit dicerna, seperti daging steak yang tebal.

"Jika Anda ingin membesarkan otot, Anda perlu menambahkan rasio tinggi karbohidrat, seperti tuna dan nasi. Tetapi jika Anda ingin merampingkan tubuh, Anda harus menghindari karbohidrat dan minum protein shake untuk mempertahankan massa otot," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini