Info

8 Manfaat Kesehatan Rutin Makan Semangka, Tak Cuma Beri Rasa Kenyang

Semangka termasuk sumber makanan kaya air yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Jus semangka (Pexels/ Bruno Scramgnon)
Jus semangka (Pexels/ Bruno Scramgnon)

Himedik.com - Buah semangka sering menjadi andalan untuk makanan pencuci mulut. Rasanya yang lezat dan menyegarkan membuatnya banyak digemari orang, khususnya di saat cuaca panas.

Tak hanya menyegarkan, semangka memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaat kesehatan itu? Berikut daftarnya dirangkum dari Health.

1. Menghidrasi tubuh

Mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup, termasuk dari makanan kaya air, mendukung sirkulasi, kesehatan kulit, dan pencernaan. Ini juga membantu mengatur suhu tubuh, fungsi organ dan sendi, metabolisme, nafsu makan, dan pembuangan kotoran. Satu cangkir semangka mengandung lima ons air.

2. Rendah kalori namun banyak nutrisi

Satu cangkir semangka menyediakan 45 kalori dari 11 gram karbohidrat, 9 gram di antaranya adalah gula alami. Tetapi rasa manis alami itu dibundel dengan vitamin A dan C, yang mendukung fungsi kekebalan dan kesehatan kulit, di samping jumlah yang lebih kecil dari kalium, magnesium, vitamin B, dan antioksidan pelindung kesehatan.

Manfaat minum air rebusan biji semangka (Pexels/rawpixel.com)
Ilustrasi semangka (Pexels/rawpixel.com)

3. Membantu menurunkan tekanan darah

L-citrulline, bahan alami dalam semangka (terutama di bagian putih kulit), telah terbukti meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks, yang membuka sirkulasi.

4. Mengurangi nyeri otot

Dalam sebuah penelitian, atlet yang mengonsumsi 16 ons jus semangka satu jam sebelum latihan mengalami penurunan nyeri otot dan pemulihan detak jantung yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menerima minuman plasebo.

5. Memberi rasa kenyang lebih lama

Para peneliti menemukan bahwa semangka meningkatkan rasa kenyang yang bertahan hingga 90 menit setelah makan. Selain itu, pemakan semangka menurunkan berat badan serta meningkatkan status antioksidan dan lipid darah.

6. Membantu pencernaan

Meskipun semangka tidak terlalu tinggi serat, serat yang dikandungnya mendukung fungsi usus yang sehat. Buah ini juga mengandung cairan dan prebiotik, sejenis serat yang merangsang pertumbuhan dan/atau aktivitas bakteri yang menguntungkan di usus besar.

7. Memberi pertahanan dari penyakit

Semangka adalah salah satu sumber likopen terbaik, antioksidan yang dikenal untuk memerangi stres oksidatif , yang terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya

8. Melindungi kulit

Vitamin A dan C semangka mendukung kesehatan kulit, dan kandungan likopen buah dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meskipun efeknya tidak langsung.

Berita Terkait

Berita Terkini