Info

Jaga Kewarasan, Yuk Lawan Depresi dengan 5 Makanan Sehat Ini

Kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh asupan yang Anda konsumsi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi bahagia. (unsplash)
Ilustrasi bahagia. (unsplash)

Himedik.com - Masalah kesehatan mental klinis seperti depresi sering kali dirawat dengan terapi atau pengobatan tertentu. Padahal selain pengobatan, makanan juga memiliki pengaruh pada kesehatan mental Anda.

"Jenis pola makan yang tepat dapat memberikan otak lebih banyak dari apa yang dibutuhkan untuk menghindari depresi atau bahkan mengobatinya," kata Lisa Mosconi, PhD, Direktur Inisiatif Otak Wanita di Weil Cornell Medical College pada Insider. 

Melansir dari Insider, makanan dapat memengaruhi bahan kimia tertentu di otak, seperti serotonin yang membantu mengatur suasana hati. Diperkirakan 95 persen serotonin diproduksi dalam saluran pencernaan.

Jadi, masuk akal jika apa yang Anda makan dapat memengaruhi suasana hati. Oleh karena itu, berikut beberapa makanan yang bisa membantu depresi, antara lain:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, anchovies, sarden, hingga herring mengandung tinggi asam lemak omega-3. Lemak ini telah terbukti mengurangi keparahan gejala depresi dengan mengurangi peradangan.

2. Kalkun

Makan kalkun memberi Anda asupan triptofan, asam amino yang digunakan tubuh Anda untuk menghasilkan serotonin.

3. Kakao

Senyawa tertentu seperti flavanol dan prosianidin yang terdapat dalam kakao di cokelat hitam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu depresi.

4. Makanan Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt dan sauerkraut mengandung bakteri hidup yang berguna untuk menyeimbangkan bakteri usus.

Hal ini penting untuk depresi karena bakteri ini dapat menghasilkan bahan kimia yang mengatur suasana hati, seperti serotonin dan asam gamma-Aminobutyric (GABA).

Buah dan sayuran (Shutterstock)
Buah dan sayuran (Shutterstock)

5. Buah dan Sayuran

Mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran bisa menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melawan peradangan karena mengandung antioksidan, senyawa yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan akibat peradangan.

Berikut beberapa makanan yang kaya antioksidan:

  • Kenari
  • Buah beri
  • Buah delima
  • Cokelat hitam
  • Kopi dan teh hijau
  • Tumbuhan herbal seperti mint dan oregano

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat memengaruhi suasana hati sehingga membantu meredakan depresi. Mana yang jadi favorit Anda?

Berita Terkait

Berita Terkini