Info

Naik Tangga, Aktivitas Sepele tapi Baik untuk Kesehatan Mental

Menaiki tangga setiap hari dapat membantu Anda merasa terjaga dan penuh energi!

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi naik tangga. (Pixabay)
Ilustrasi naik tangga. (Pixabay)

Himedik.com - Jika tidak punya waktu untuk berolahraga secara rutin selama pandemi, Anda bisa menyiasatinya dengan naik tangga setiap hari.

Sebab, sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa bahkan aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga atau sekadar berjalan-jalan santai dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan fisik dan kesehatan mental Anda selama masa pandemi, terutama pada orang yang rentan terhadap gangguan kejiwaan.

Dilansir dari The Health Site, menaiki tangga setiap hari dapat membantu Anda merasa terjaga dan penuh energi, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan mental, tulis penulis makalah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

Para peneliti dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT) dan Central Institute of Mental Health (CIMH) di Jerman juga telah mengidentifikasi daerah otak yang memainkan peran sentral dalam proses ini.

Mereka menemukan bahwa 'subgenual cingulate cortex', bagian dari cerebral cortex, penting untuk interaksi antara aktivitas sehari-hari dan kesejahteraan yang efektif. Ini adalah wilayah di mana emosi dan ketahanan terhadap gangguan kejiwaan diatur.

Ilustrasi naik tangga (shutterstock)
Ilustrasi naik tangga (shutterstock)

Orang dengan volume materi otak abu-abu yang lebih kecil di wilayah ini dan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kejiwaan merasa memiliki sedikit energi saat mereka tidak aktif secara fisik.

Namun, setelah aktivitas sehari-hari seperti naik tangga, orang-orang ini bahkan merasa lebih dipenuhi dengan energi daripada orang-orang dengan volume otak yang lebih besar.

Hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi kesejahteraan, terutama pada orang yang rentan terhadap gangguan kejiwaan, kata para penulis.

Namun selain naik tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Di antaranya adalah:

1. Tidur cukup

Tidur membantu mengatur bahan kimia di otak kita yang penting dalam mengatur suasana hati dan emosi kita. Kurang tidur bisa membuat kita merasa tertekan atau cemas.

2. Pola makan sehat dan seimbang

Pola makan yang seimbang sama pentingnya untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik. Makan banyak buah dan sayuran bersama dengan makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

3. Hindari alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol yang berlebihan dalam waktu lama dapat menyebabkan defisiensi tiamin, yang penting untuk fungsi otak. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan masalah memori yang parah, masalah motorik (koordinasi), kebingungan, dan masalah mata.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang bagus yang sangat penting untuk tubuh dan otak. Vitamin D membantu merangsang pelepasan bahan kimia yang meningkatkan mood, seperti endorfin dan serotonin.

Para ahli merekomendasikan untuk berada di bawah sinar matahari selama 30 menit hingga dua jam sehari setiap hari. Namun, pastikan Anda tetap menjaga keamanan kulit dengan memakai sunblock.

Berita Terkait

Berita Terkini