Info

Olahraga 300 Menit Per Minggu Efektif Turunkan Berat Badan, Yuk Bergerak!

Agar efektif menurunkan berat badan, Anda cukup berolahraga 300 menit per minggunya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga

Himedik.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa Anda mungkin perlu berolahraga sebanyak 300 menit per minggu.

Dalam hal ini, untuk mengurangi berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat, Anda tidak hanya perlu mengubah pola makan tetapi juga menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat termasuk olahraga.

Melansir dari Times of India, menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, seseorang perlu menghabiskan waktu untuk berkeringat dalam rangka menurunkan berat badan.

Agar seseorang kehilangan sekitar 1 pon atau setengah kilogram, mereka perlu membakar 3000 kalori yang membutuhkan banyak latihan.

Sesuai penelitian, untuk membakar kalori sebanyak ini, seseorang perlu berolahraga sekitar 300 menit setiap minggu atau satu jam per minggu selama lima hari.

Peneliti juga menunjukkan bahwa pada mereka yang rajin berolahraga, ada proses perubahan tingkat leptin. Leptin sendiri adalah salah satu hormon terpenting dalam tubuh yang mengirimkan sinyal ke otak saat tidak lapar dan berhenti makan.

Ilustrasi setelah olahraga. (Elements Envato)
Ilustrasi setelah olahraga. (Elements Envato)

Dalam hal olahraga untuk menurunkan berat badan, Anda dapat memilih jenis apapun yang Anda mampu dan sukai. Baik itu jalan kaki, lari, atau bersepeda, semua aktivitas fisik ini dapat membantu mengurangi berat badan. Namun, Anda perlu cukup konsisten dan melakukannnya dalam waktu yang cukup lama.

Tapi ingat, hanya berolahraga saja tidak bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Anda masih perlu menyusun pola makan dan pola istirahat yang benar. 

Berita Terkait

Berita Terkini