Info

Waspada, 4 Asupan yang Biasa Dikonsumsi Berikut Malah Bisa Merusak Hati

Makanan menjadi hal yang berpengaruh pada kesehatan, baik menguntungkan maupun merugikan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Roti tawar. (pixabay)
Roti tawar. (pixabay)

Himedik.com - Gaya hidup yang berpengaruh signifikan pada kesehatan salah satunya adalah pola makan. Bagaimanapun pola makan bisa memengaruhi kesehatan baik ke arah positif maupun negatif. 

Dalam hal ini, makanan yang sering Anda konsumsi bisa memengaruhi masalah kesehatan hati. Melansir dari Eat This, berikut beberapa makanan yang umum dikonsumsi namun bisa merusak kesehatan hati, antara lain:

1. Minuman Manis

Alkohol bukan satu-satunya minuman yang dapat merusak kesehatan hati. Menurut dokter Ian Braithwaite, MBBS, salah satu pendiri Habitual menyatakan bahwa minuman manis juga dapat memengaruhi hati Anda.

"Dalam dosis rendah, fruktosa ditangani oleh usus kecil, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman manis dalam dosis tinggi menyebabkan toksisitas hati," kata Braithwaite.

2. Kentang Goreng

Kentang goreng dapat merusak hati karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi.

"Makanan yang tinggi lemak jenuh menyebabkan peningkatan lemak hati dan resistensi insulin," jelas dokter Leann Poston, MD, dari Invigor Medical.

3. Minyak Nabati

Minyak nabati atau sayur yang mengandung omega-6 yang teroksidasi lebih cepat saat dimasak,

"Ini berkontribusi pada kerusakan hati melalui penyakit hati berlemak non-alkohol," jelas perawat praktisi Kelly Cole, MS, CRNP-PC, pendiri Energy to Thrive Tribe.

"Namun, minyak kelapa tidak akan menyebabkan kerusakan hati ini," kata Cole.

Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)
Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)

4. Roti Putih

Roti putih atau roti tawar juga tak baik untuk hati Anda karena kandungan karbohidrat olahannya.

"Karbohidrat olahan kekurangan serat dari biji-bijian utuh. Hal ini menyebabkan lonjakan glukosa dalam darah, pelepasan insulin, timbunan lemak di sekitar hati," kata konselor nutrisi bersertifikat John Fawkes, NSCA, CPT.

Berita Terkait

Berita Terkini