Info

Lancarkan Metabolisme dan Turunkan Berat Badan, Utamakan Olahraga Sore

Olahraga dalam bentuk apapun dan kapanpun umumnya bermanfaat bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi olahraga sore (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi olahraga sore (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Para peneliti menyimpulkan, bahwa olahraga sore hari memicu manfaat yang lebih besar pada peningkatan kapasitas olahraga dan penurunan kandungan lemak tubuh.

Jika tujuan Anda berolahraga untuk memaksimalkan respons fisiologis bawaan tubuh Anda dan mengembangkan metabolisme serta menurunkan berat badan maka olahraga di sore hari menjadi waktu yang utama. Olahraga ini juga baik untuk penderita diabetes tipe 2. 

Melansir dari Eat This, menurut penelitian menunjukkan bahwa olahraga di sore hari mengarah pada adaptasi metabolik yang lebih jelas dibandingkan dengan olahraga di pagi hari pada orang yang mengalami gangguan metabolisme atau menderita diabetes tipe-2.

Terlebih lagi, para peneliti menyimpulkan, bahwa olahraga sore hari memicu manfaat yang lebih besar pada peningkatan kapasitas olahraga dan penurunan kandungan lemak tubuh. Penelitian ini diterbitkan pada bulan Desember pada jurnal Physiological Reports.

Studi tersebut dilakukan oleh para ilmuwan di Maastricht University Medical Center di Belanda mencoba menganalisis hubungan antara waktu olahraga dan diabetes.

Setelah membandingkan efek olahraga pada pria yang berolahraga di pagi hari (8 pagi hingga 10 pagi) hingga sore hari (3 sore hingga 6 sore), para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga sore hari memiliki efek yang lebih besar.

Ilustrasi olahraga (shutterstock)
Ilustrasi olahraga (shutterstock)

"Kita mendapatkan gelombang energi tepat sebelum senja," catat peneliti. Sore hari juga menjadi waktu terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Selain itu, jika Anda ingin mencoba olahraga berat selama jam-jam sore, maka olahraga ini bisa mendorong kehilangan lemak 29 persen lebih banyak daripada olahraga di pagi hari. 

Berita Terkait

Berita Terkini