Info

Kekuatan Genggaman Tangan Bisa Tingkatkan Harapan Hidup, Jajal Latihan Ini

Ada olahraga tertentu yang bisa menyehatkan tubuh dan menjaga umur agar tetap panjang.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi olahraga. (undrey @ 123TRF.Com)
Ilustrasi olahraga. (undrey @ 123TRF.Com)

Himedik.com - Pelatihan kekuatan tangan bisa meningkatkan potensi harapan umur panjang. Dalam hal ini, penelitian telah mengaitkan kekuatan genggaman tangan yang rendah terkait dengan peningkatan risiko patah tulang, jatuh, gangguan kognitif, depresi, masalah tidur, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

Melansir dari Times of India, sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa kekuatan cengkeraman adalah prediktor yang baik untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya. Hal ini karena kekuatan cengkeraman seseorang adalah penanda yang dapat diandalkan sebagai tanda keseluruhan massa otot yang sangat penting untuk fungsi setiap sistem dalam tubuh.

Berikut tiga olahraga untuk meningkatkan kekuatan genggaman tangan serta hidup lebih sehat dan panjang umur, antara lain:

1. Farmer's carry

Untuk melakukan jenis latihan atau olahraga ini, Anda perlu mengambil posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, kemudian letakkan  sepasang dumbbell di lantai di sisi luar kaki Anda. Setelah itu, jongkok dengan punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang. Kemudian angkat masing-masing dumbbell di setiap tangan dengan posisi berdiri. 

Angkat beban di kedua sisi tangan sambil berjalan, lakukan hingga tiga kali.

Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)
Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)

2. Deadlift

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan letakkan sepasang dumbbelll di dekat jari-jari kaki Anda. Kemudian dorong pantat dan pinggul ke belakang lalu angkat beban sambil berdiri dengan telapak tangan menghadap ke depan paha. Coba lakukan 8 hingga 12 kali. 

3. Hollow-body hang

Sederhananya, posisi ini adalah bergelantungan pada tiang kokoh di mana posisi tangan lurus kemudian kaki dan pantat diangkat. Latihan ini akan memperkuat otot lengan Anda. 

Berita Terkait

Berita Terkini