Info

Waspada, Mengurangi Waktu Tidur 15 Menit Saja Bisa Tingkatkan Berat Badan

Kebiasaan kurang tidur yang nampak sepele pun dapat berdampak besar pada berat badan Anda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)
Ilustrasi berat badan wanita. (Unplash/Gesina Kunkel)

Himedik.com - Bukan hanya pola makan dan aktivitas fisik, pola tidur juga bisa memengaruhi berat badan Anda.

Melanasir dari Times of India, studi menunjukkan bahwa kehilangan waktu tidur selama 15 menit dapat menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Penelitian telah diterbitkan di JAMA Internal Medicine.

Setelah memeriksa pola tidur 120.000 orang, para peneliti menyimpulkan bahwa pola tidur terkait erat dengan pengelolaan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Untuk studi tersebut, para peneliti mengumpulkan data yang dihasilkan oleh 120.000 orang menggunakan aplikasi pelacak tidur yang terhubung ke smartphone, jam tangan, dan pelacak kebugaran hingga dua tahun.

Di akhir penelitian, ditemukan bahwa orang dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 (yang dikategorikan sebagai obesitas) rata-rata hanya tidur sekitar 15 menit lebih sedikit daripada mereka yang memiliki BMI lebih rendah.

Ilustrasi tidur (Pexels)
Ilustrasi tidur (Pexels)

Kebutuhan tidur setiap individu memang berbeda-beda, tetapi pengamatan yang umum adalah bahwa tidur kurang dari tujuh jam dapat menyebabkan fluktuasi berat badan. Waktu tidur yang ideal bagi kebanyakan orang adalah antara 7 hingga 9 jam. 

Tidur cukup dapat membantu Anda membakar lemak saat Anda tidur, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan suasana hati Anda. Durasi tidur yang singkat meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan pada orang dewasa sebesar 55 persen dan pada anak-anak sebesar 89 persen. Sebaliknya gangguan tidur seperti sleep apnea juga akan diperparah dengan penambahan berat badan.

Berita Terkait

Berita Terkini