Info

Jangan Kebiasaan Makan di Meja Kerja, Ini 5 Dampak Buruknya pada Kesehatan!

Kebiasaan makan di meja kerja sambil mengerjakan tugas justru buruk untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi makan di meja (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi makan di meja (Pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Banyak orang mungkin kebiasaan makan di meja kerja atau meja belajar sambil mengerjakan tugasnya. Harapannya, mereka bisa menyelesaikan tugasnya lebih cepat dan tidak meninggalkan makan.

Tapi, makan di meja kerja atau belajar justru bisa menyebabkan masalah kesehatan dan membuat Anda bekerja lebih lambat serta kurang efisien. Sayangnya, banyak orang belum menyadari dampak buruk makan di meja kerja ini.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi karena makan di meja kerja atau meja belajar.

1. Membuat stres

Makan siang di meja bisa membuat akan stres dan kelelahan, Apalagi makan di meja yang sama untuk kerja atau belajar. Karena, otak Anda butuh istirahat sejenak ketika makan untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan suasana hati. Sehingga kinerja akan meningkat dan Anda lebih bahagia ketika kembali bekerja.

Ilustrasi stres (pexels/@olly)
Ilustrasi stres (pexels/@olly)

2. Menyebabkan masalah kesehatan

Makan di meja kerja juga bisa menyebabkan serangkaian masalah kesehatan, seperti mengembangkan masalah jantung dan mengurangi aliran darah di kaki yang bisa menyebabkan masalah kardiovaskular.

Karena berkurangnya aliran darah di kaki, Anda juga berisiko terkena varises. Sehingga, mengatur waktu untuk bangun dan berjalan-jalan selama beberapa menit bisa membantu meningkatkan kesehatan jangka panjang.

3. Menurunkan produktivitas

Anda mungkin berpikir makan di meja kerja bisa menghemat waktu dan Anda bisa sembari menyelesaikan tugas. Faktanya sebaliknya, Anda justru akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan keduanya. Selain itu, makan di meja kerja bisa menurunkan kapasitas otak untuk memprioritaskan tugas yang paling penting.

4. Meningkatkan berat badan

Orang akan cenderung makan lebih banyak ketika melakukannya sambil beraktivitas, seperti bekerja atau belajar. Pada akhirnya, kebiasaan makan di meja ini bisa meningkatkan berat badan.

Cara mencegahnya, Anda bisa fokus pada makanan yang dikonsumsi dan istirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Bahkan bermakin ponsel saat makan juga termasuk gangguan.

5. Terpapar banyak bakteri

Banyak kuman menempel di tempat kerja yang 400 kali lebih berbahaya daripada bakteri di dudukan toilet. Ada Penelitian menunjukkan 27 persen dari semua bakteri di meja kerja ini terletak di bagian keyboard dan bisa menyebar ke permukaan lain, seperti mouse, ponsel, dan meja.

Sehingga makan sambil bekerja di meja bisa membuat makanan terkontaminasi bakteri.

Berita Terkait

Berita Terkini