Info

Efektif dan Simpel Dilakukan, Berikut 5 Cara Redakan Stres Sehari-hari!

Salah satu caranya adalah dengan tertawa.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi bahagia. (unsplash)
Ilustrasi bahagia. (unsplash)

Himedik.com - Hampir semua orang pernah mengalami stres, yang merupakan ketengan emosional atau fisik yang disebabkan oleh peristiwa dan pikiran apa pun yang memicu frustasi, kemarahan, atau kekhawatiran.

Sebagai bagian dari respons 'melawan atau lari', stres akan menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol dan adrenalin. Dua hormon tersebut akan membuat otot-otot tubuh lebih waspada, tegang, dan meningkatkan tekanan darah serta detak jantung.

Apabila stres tersebut dialami dalam jangka waktu lama hingga menyebabkannya menjadi kronis, maka akan berpengaruh buruk pada kesehatan Anda.

Karenanya, penting untuk mengetahui tehnik meredakan stres yang cocok untuk Anda lakukan di masa sulit, seperti:

1. Olahraga secara teratur

Dokter perawatan primer di Maine Integrative Family Care, Ben Hagopian, menjelaskan cara utama olahraga membantu menghilangkan stres adalah dengan meningkatkan endorfin, atau hormon bahagia.

Endorfin adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh otak untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi stres. Olahraga juga akan menurunkan kadar hormon yang terkait dengan stres, seperti kortisol dan adrenalin.

Berolahraga saat tidak merasa stres juga dapat membantu tubuh Anda mengelolanya saat stres di waktu lain, lapor Insider.

Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)
Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)

2. Berlatih tehnik relaksasi

Mempraktikkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam,
meditasi, atau yoga juga dapat membantu mengontrol stres.

Biasanya, saat stres, Anda bernapas lebih cepat dan mengambil napas pendek-pendek, karena jantung Anda berdegup kencang.

"Memperlambat detak jantung dengan berfokus pada napas dapat membantu," sambung Hagopian.

Hagopian merekomendasikan teknik yang disebut 4-7-8 pernapasan, di mana Anda menarik napas selama 4 detik, tahan selama 7 detik dan kemudian buang napas selama 8 detik.

3. Tidur lebih banyak

Kurang tidur akan membuat Anda lebih sulit untuk menjalani hari-hari, termasuk stres. Faktanya, 21 persen orang dewasa melaporkan merasa lebih stres ketika mereka tidak cukup tidur.

Orang dewasa biasanya membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur. Tetapi bagi banyak orang, stres membuat lebih sulit untuk tertidur.

Ilustrasi tidur cukup. (Pexels)
Ilustrasi tidur cukup. (Pexels)

4. Cukupi kebutuhan nutrisi

Kunci lain untuk mengelola stres adalah pola makan Anda.

"Nutrisi sehat sangat penting. Makan banyak makanan cepat saji, atau makanan dengan bahan olahan tepung atau gula akan membuat tubuh merasa lebih buruk," pungkas Hagopian.

5. Tertawa

Dalam hal stres, tertawa adalah salah satu obat terbaik. Tertawa sebenarnya memicu perubahan langsung dalam tubuh yang dapat membantu melawan respons stres.

Saat tertawa, tubuh menghirup lebih banyak udara kaya oksigen, yang menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot. Ini juga melepaskan banyak endorfin, meningkatkan sirkulasi, dan membantu mengendurkan otot yang tegang akibat stres.

Berita Terkait

Berita Terkini