Info

Lebih Sehat dari Nasi Putih, Simak 7 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus sering-sering makan nasi merah.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi makan bersama keluarga (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi makan bersama keluarga (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Nutrisi utama dalam beras merah adalah anthocyanin, senyawa yang dapat mempromosikan kesehatan. Beras merah juga memiliki kapasitas untuk menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, meningkatkan penglihatan, dan mengurangi sel kanker.

Melansir dari Healthshots, selain itu, beras memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri serta sarat dengan serat, vitamin B1, B2, kalsium, dan zat besi. Dengan berbagai kandungannya, berikut beberapa manfaat konsumsi beras merah, antara lain: 

1. Dapat menurunkan glukosa darah

Kadar gula darah yang tidak terkendali pada diabetes dapat merusak mata, ginjal, hingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Indeks glikemik rendah pada beras merah membantu menjaga kadar gula sehingga baik untuk otang dengan diabetes.

2. Memerangi asma

Beras merah adalah sumber magnesium yang luar biasa, sehingga dapat membantu meningkatkan pola pernapasan. Terlebih lagi, beras merah dapat meningkatkan konsumsi oksigen dan sirkulasi dalam tubuh yang kemudian membantu Anda mengelola asma.

3. Bagus untuk kesehatan tulang

Beras merah mengandung kalsium dan magnesium di mana penting untuk kesehatan tulang. Varietas beras ini juga dapat mencegah radang sendi, osteoporosis, dan penyakit terkait tulang lainnya.

4. Baik untuk pencernaan

Beras merah adalah sumber serat yang larut dan tidak larut yang memudahkan gerakan usus dan meningkatkan pencernaan. Serat juga dapat bermanfaat untuk mengatasi diare dan konstipasi.

5. Meningkatkan penurunan berat badan

Beras merah akan membuat Anda kenyang lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan lemak dalam nasi merah adalah nol, di mana membantu mengurangi rasa lapar.

Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]
Ilustrasi beras merah. [Shutterstock]


6. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kehadiran biji-bijian dalam beras merah tentu dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh yang semakin mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit 

Sifat antioksidan kuat dari anthocyanin dapat menunda tanda-tanda penuaan dini dan kerusakan kulit yang diinduksi UV. Selain itu, nasi merah dikemas dengan mineral dan vitamin seperti zinc hingga zat besi yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini