Info

Baru Bangun Sudah Capek, Mungkin 5 Kondisi Berikut Jadi Penyebabnya

Ada beberapa kondisi yang membuat Anda merasa kelelahan meski baru bangun tidur.

Fita Nofiana

ilustrasi bangun tidur (verilymag)
ilustrasi bangun tidur (verilymag)

Himedik.com - Merasakan lelah atu capek usai bangun tidur mungkin sering kali dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kondiai atau kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur. 

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang bisa bikin Anda kelelahan saat bangun, antara lain:

1. Paparan cahaya biru

Paparan biru bisa berasal dari ponsel, laptop, dan alat elektronik lainnya. Paparan ini bisa menekan sekresi melatonin, hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Anda. Hal ini membuat Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak di malam hari dan membuat lelah keesokan harinya.

2. Depresi

Orang dengan depresi mungkin merasa sulit untuk tidur nyenyak dan tidur di malam hari. Mereka juga dapat mengalami kantuk di siang hari yang berlebihan. Orang-orang yang mengalami depresi kehilangan semua minat dalam semua kegiatan sehari-hari termasuk tidur.

3. Anemia

Memiliki kadar zat besi yang tidak mencukupi dalam darah Anda dapat membuat Anda merasa lelah ketika Anda tidur dan bangun keesokan paginya.

"Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan diet kaya zat besi dan jika mungkin Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Anda bisa makan bayam, kismis, aprikot, kacang polong, kacang-kacangan, makanan laut, unggas, dan lainnya," ujar Dr Vikrant Shah, dokter konsultan dan spesialis penyakit infeksi di Rumah Sakit Multispesialisasi Zen, Mumbai.

4. Gaya hidup kurang gerak

Duduk dalam waktu lama dan tidak bergerak dapat menyebabkan kurang tidur dan akan membuat Anda merasa lelah setelah bangun tidur.

Ilustrasi Bangun Tidur. (freepik)
Ilustrasi Bangun Tidur. (freepik)

5. Dehidrasi

Dehidrasi cenderung mengurangi keberadaan asam amino dalam tubuh. Kondisi ini bisa menghasilkan melatonin. Tanpa melatonin yang cukup, seseorang akan gagal mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan mungkin merasa lelah di siang hari.

Berita Terkait

Berita Terkini