Info

Jangan Ragu Ajak Teman untuk Olahraga, Bisa Bikin Konsisten dan Termotivasi

Sulit termotivasi untuk olahraga? ahli sarankan untuk mengajak teman.

Fita Nofiana

Olahraga bersama teman
Olahraga bersama teman

Himedik.com - Menurut ahli, berolahraga bersama teman bisa menambah motovasi untuk mencapai target olahraga Anda. Oleh karena itu, Jika Anda kurang merasa termotivasi untuk berolahraga, maka mengajak teman mungkin menjadi pilihan yang tepat.  

Menurut Daniel Lieberman, paleoantropolog Harvard  mengatakan kepada Insider bahwa tidak ada yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi olahraga kecuali teman. 

"Tidak ada yang bekerja seefektif berolahraga dengan teman-teman," kata Lieberman.

Melansir dari Insider, membawa pasangan atau teman untuk pergi ke gym membantu meningkatkan ikatan sosial, persahabatan, dan akuntabilitas saat berolahraga. Hal ini membuat Anda cenderung tetap konsisten pada rutinitas latihan Anda.

Penelitian Lieberman telah menunjukkan bahwa manusia memiliki insentif biologis dan budaya utama untuk menghindari olahraga. Sebab secara historis, manusia menghindari pengeluaran energi yang tidak perlu dan lebih digunakan untuk tugas-tugas penting seperti mencari makanan dan meneruskan genetika kita.

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)


"Bagi sebagian besar dari kita, sulit untuk berolahraga dan kita semua memiliki naluri mendasar yang dalam untuk menghindari aktivitas yang tidak perlu," kata Lieberman.

Bahkan orang-orang yang konsisten dengan rutinitas olahraga mereka pun berjuang untuk menemukan motivasi intrinsik untuk bergerak.

"Saya pergi lari pagi ini tetapi menghabiskan setengah jam untuk mengeluh. Ini sama sulitnya bagi saya seperti orang lain," katanya.

Seorang teman olahraga dapat memberikan penguatan positif dan akuntabilitas seputar latihan. Dalam hal ini, Lieberman mengatakan pengaturan sosial juga dapat mendorong orang untuk berolahraga. 

Berolahraga dengan seorang teman (atau kelompok yang bersahabat) menawarkan insentif untuk berolahraga dalam bentuk pengalaman sosial yang bermanfaat, serta rasa tidak enak untuk mundur dari komitmen kebugaran Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini