Info

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Lakukan 7 Bentuk Perawat Diri Berikut

Berikut beberapa bentuk perawatan diri yang bisa menyehatkan fisik dan mental.

Fita Nofiana

Ilustrasi makeup. (mfdayspa.gr)
Ilustrasi makeup. (mfdayspa.gr)

Himedik.com - Pandemi yang tak kunjung usai bukan hanya berefek pada kesehatan fisik, namun juga mental Anda. Dalam hal ini, perawatan diri sendiri mungkin bisa membantu kesehatan Anda. 

Melansir dari Healthshots, perawatan diri mungkin tampak tidak berarti, tetapi memprioritaskan kesehatan Anda dapat memberi Anda banyak manfaat, baik secara fisik maupun mental. 

Berikut adalah beberapa tips perawatan diri dasar yang dapat membantu Anda rileks dan merasa lebih baik.

1. Lakukan perubahan pola makan yang sehat

Nutrisi penting bagi tubuh Anda, sehingga mengonsumsi makanan seimbang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Sesekali Anda boleh makan makanan menyenangkan seperti pizza, burger, kentang goreng. Ini bagus untuk memanjakan diri Anda sesekali, tetapi luangkan waktu untuk menyiapkan makanan sehat setidaknya sekali sehari sehingga Anda dapat merasa energik dan aktif.

Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

2. Tidur cukup

Cobalah tidur tepat waktu dan tidurlah setidaknya 7-8 jam. Selain menyehatkan Anda secara fisik, tidur cukup juga menyehatkam Anda secara mental. 

3. Temukan pereda stres 

Stres adalah musuh terbesar kesehatan karena bukan hanya berpengaruh pada mental, namun juga fisik Anda. Untuk melepaskan stres, Anda dapat mencoba dengan menonton acara favorit, mendengarkan musik, menari, memanjakan diri dalam aktivitas favorit Anda, atau bermeditasi.

4. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga

Bersosialisasi adalah kunci untuk perawatan diri. Luangkan waktu untuk teman dan keluarga atau hubungan dekat Anda, sehingga Anda dapat mempertahankan hubungan dekat Anda.

5. Istirahat

Bahkan jika Anda sibuk, istirahatlah 10 hingga 15 menit setiap hari dan lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda rileks. Anda dapat berjalan-jalan, menelepon seseorang yang dekat dengan Anda, menikmati secangkir kopi santai, atau berkebun.

6. Berolahraga secara teratur

Manfaat fisik dari olahraga telah lama diakui. Ini dapat membantu Anda secara fisik dan mental serta meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan kecemasan. Jika Anda tidak suka berolahraga, mainkan musik dan menarilah. 

Ilustrasi olahraga (unsplash.com).
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).

7. Berdandan tanpa alasan 

Apa yang Anda kenakan bisa mempengaruhi suasana hari bahkan performa kerja Anda.

Anda mungkin telah memperhatikannya sendiri. Jadi, kapan pun Anda merasa rendah diri, berdandanlah dan tingkatkan suasana hati Anda dengan hal-hal positif.

Berita Terkait

Berita Terkini