Info

Kekurangan 6 Nutrisi Ini Bisa Bikin Selalu Kelelahan, Apa Saja?

Apakah Anda merasa tetap kelelahan meski sudah tidur semalaman? Mungkin permasalahannya terletak pada apa yang Anda konsumsi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lelah, capek. (Pixabay)
Ilustrasi lelah, capek. (Pixabay)

Himedik.com - Kekurangan nutrisi bisa membuat tubuh selalu kelelahan. Meskipun ada banyak kemungkinan penyebab kelelahan, kekurangan nutrisi pada makanan adalah penyebab umum, kata William W. Li, MD , penulis Fat to Beat Disease.

Memang, vitamin dan mineral terlibat dalam pembentukan metabolisme, transportasi oksigen dan fungsi saraf, sehingga apabila tidak tercukupi dapat menyebabkan efek samping seperti kantuk.

Dilansir dari Live Strong, berikut nutrisi apa yang Anda butuhkan agar tubuh tetap berenergi.

1. Vitamin B12

" Vitamin B12 digunakan oleh tubuh untuk membangun sel darah merah, yang membawa oksigen ke sel-sel kita yang lain," kata Dr. Li. Jadi, ketika diet Anda kekurangan B12, sel darah merah yang sehat menjadi terganggu.

Ini menghasilkan lebih sedikit oksigen yang mengalir ke jaringan Anda, itulah sebabnya Anda merasa lelah, Dr. Li menjelaskan.

Kerang, salmon, yogurt, telur, dan hati sapi adalah sumber vitamin B12 yang baik.

Ilustrasi gangguan tidur. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi gangguan tidur. (Sumber: Shutterstock)

2. Zinc

Zinc atau seng sangat penting sangat penting untuk metabolisme yang sehat, sehingga kekurangan zat gizi mikro ini sering menyebabkan kelelahan. Selain itu, zinc berfungsi mengatur adenosin trifosfat (ATP), yang merupakan sumber energi pada tingkat sel.

Krang seperti tiram dan kerang hijau, kacang-kacangan, lentil dan buncis adalah sumber zinc yang baik.

3. Vitamin D

Vitamin D dalam tubuh berfungsi untuk membangun tulang yang kuat dan mendukung sistem kekebalan yang sehat, kata Dr. Li. Akibatnya, ketika tubuh Anda kekurangan vitamin D, Anda cenderung merasa lesu.

Jamur, salmon, mackerel, sarden dan makanan yang diperkaya seperti susu dan sereal bisa menjadi sumber vitamin D.

Ilustrasi kelelahan di pagi hari. (Shutterstock)
Ilustrasi kelelahan di pagi hari. (Shutterstock)

4. Magnesium

Magnesium diperlukan untuk produksi energi, membangun tulang yang kuat dan kesehatan otot, sehingga kekurangan mineral yang kuat ini dapat menyebabkan otot lelah dan lemah.

Biji labu, kacang mete, almond, lobak swiss, bayam, okra dan kedelai adalah beberapa sumber magnesium yang disarankan.

5. Vitamin C

Selain mendukung kekebalan untuk melindungi tubuh terhadap stres oksidatif, vitamin C juga merupakan nutrisi untuk produksi kolagen yang sangat penting untuk tulang dan sendi.

Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C untuk memperkuat tulang, sendi, dan otot, Anda cenderung merasa lelah.

Buah jeruk, tomat, paprika merah, jambu biji, kiwi, brokoli adalah beberapa makanan yang kaya vitamin C.

6. Zat besi

Kekurangan zat besi adalah bentuk paling umum dari anemia, suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Inilah mengapa zat besi penting, karena berfungsi membuat hemoglobin, bahan kimia yang membuat darah Anda merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Makanan sehat dengan zat besi termasuk bayam, kacang polong, lentil, buncis, buncis, tahu, sarden, tiram, kerang dan remis.

Berita Terkait

Berita Terkini