Info

6 Manfaat Kesehatan Kubis yang Perlu Anda Tahu

Kubis juga mengandung vitamin K, ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kubis.
Ilustrasi kubis.

Himedik.com - Kubis merupakan anggota keluarga yang sama dengan brokoli, kembang kol. Kubis sendiri tersedia dalam beragam warna, baik merah, hijau, dan putih.

Namun terlepas dari apa warnanya, kubis memiliki sederet manfaat kesehatan berikut. Dirangkum dari Health, berikut alasan mengapa Anda harus memasukkan kubis dalam opsi makanan sehat Anda.

1. Kaya vitamin C

Jeruk bukan satu-satunya cara bagi Anda untuk mendapatkan vitamin C, kubis juga dapat memberikan nutrisi itu dalam jumlah besar. Memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin C setiap hari adalah penting, karena tubuh kita tidak membuat vitamin secara alami.

Ilustrasi kubis. (Pixabay)
Ilustrasi kubis. (Pixabay)

2. Sumber serat yang baik

Dua cangkir kubis cincang mengandung hampir 5 gram serat. Kubis adalah sumber serat yang baik dan serat dapat membantu meringankan sembelit, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Kubis juga mengandung vitamin K, ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi pembekuan darah yang sehat dalam tubuh.

Ada sekitar 68 mikrogram vitamin K hanya dalam satu cangkir kubis yang dimasak.

Ilustrasi kubis. (Pixabay)
Ilustrasi kubis. (Pixabay)

4. Rendah kalori

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, satu hal yang dapat sangat membantu adalah mengganti makanan padat kalori dengan makanan yang tidak mengandung banyak kalori, dan kubis adalah pilihan yang bagus untuk itu. "Kubis sangat rendah kalori. Satu cangkir kubis yang dimasak hanya mengandung 34 kalori, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk manajemen berat badan," kata Gans.

Terlebih kubis termasuk sayuran yang sangat murah, jadi tidak bikin pengeluaran Anda untuk sayuran sehat membengkak.

5. Baik untuk jantung

Kubis adalah sayuran silangan dan telah terbukti memiliki manfaat anti-inflamasi. "Oleh karena itu direkomendasikan untuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung," kata Keri Gans, ahli gizi dan makanan yang berbasis di New York.

6. Membantu melawan kanker

Menurut National Cancer Institute , sayuran silangan seperti kubis, mengandung senyawa yang disebut glukosinolat, yang merupakan bahan kimia yang mengandung belerang.

Kandungan glukosinolat dalam kubis memiliki manfaat anti-kanker yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker. Itu adalah kabar baik, tapi tentu saja, itu tidak berarti bahwa mengonsumsi kubis sepenuhnya akan menangkal kanker. Para ahli mengatakan lebih banyak penelitian perlu dilakukan pada manfaat melawan kanker dari sayuran silangan.

Berita Terkait

Berita Terkini