Info

Hati-hati, Ini 5 Dampak Buruk Meditasi untuk Kesehatan Anda!

Meditasi yang dianggap baik untuk mengatasi stres justru bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi meditasi - (Unsplash/Indian Yogi (Yogi Madhav))
Ilustrasi meditasi - (Unsplash/Indian Yogi (Yogi Madhav))

Himedik.com - Banyak orang percaya meditasi bisa meningkatkan suasana hati, mengontrol emosional dan membantu kita lebih tenang. Meditasi pun sangat direkomendasikan dalam mengatasi masalah kesehatan mental.

Para peneliti telah mendukung klaim ini dari berbagai penelitian yang menemukan meditasi bisa menurunkan stres, meningkatkan kesehatan dan daya ingat kita.

Tapi, banyak orang yang masih belum mengetahui dampak buruk dari meditasi setelah jangka panjang. Sebuah penelitian telah menermukan beberapa kelemahan dan dampak negatif meditasi terhadap kesehatan fisik dan mental.

Sebuah studi tahun 2017 oleh para peneliti dari Brown University dan University of California menemukan beberapa efek samping meditasi pada manusia. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa dampak negatifnya.

1. Orang lebih rentan terhadap serangan kecemasan

Para ahli telah menyatakan bahwa meditasi dapat menyebabkan serangan kecemasan. Karena, meditasi cenderung membawa kembali semua jenis emosi dan ingatan, termasuk ingatan traumatis yang banyak memberikan perasaan negatif selama meditasi. Dalam studi 2017, mereka yang berpartisipasi juga menunjukkan tanda-tanda kecemasan, ketakutan, dan paranoia.

Ilustrasi meditasi. (Elements Envato)
Ilustrasi meditasi. (Elements Envato)

2. Peningkatan disosiasi dengan dunia

Meditasi juga bisa menyebabkan perasaan negatif. Menurut para ahli kesehatan, meditasi bisa menyebabkan perasaan disosiasi dan keengganan untuk berhubungan dengan orang lain.

Selain itu, meditasi juga membantu Anda mengembangkan pemahaman dengan diri sendiri. Meditasi bisa mengubah cara Anda melihat orang lain dan mempersulit Anda untuk terikat dengan orang lain.

3. Menurunkan motivasi

Kurangnya motivasi bisa menjadi akibat dari meditasi. Karena, meditasi mendorong seseorang untuk menjalani kehidupan tanpa keterikatan yang juga bisa menyebabkan ketidaktertarikan dalam setiap pekerjaan, kehidupan pribadi dan lainnya.

Ilustrasi meditasi (shutterstock)
Ilustrasi meditasi (shutterstock)

4. Masalah tidur

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The American Psychosomatic Society, banyak orang meditasi justru rentan terhadap siklus tidur yang rusak dan mengalami kesulitan tidur. Menurut para ahli, meditasi dapat meningkatkan rasa kewaspadaan dan fokus ekstremitasnya, sehingga menyebabkan insomnia dan masalah tidur lainnya.

5. Masalah fisik

Studi tahun 2017 juga menemukan bahwa meditasi cenderung menimbulkan penyakit fisik tertentu. Masalah fisik ini termasuk nyeri, tekanan, gerakan tak terkendali, sakit kepala, kelelahan, kelemahan, masalah pencernaan, dan pusing.

Tapi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan hal yang sama. Meskipun terlalu banyak dugaan efek sampingnya, meditasi tidak diragukan lagi dalam hal menyembuhkan masalah kesehatan mental.

Berita Terkait

Berita Terkini