Info

3 Pemicu Stres Paling Umum, Apa Saja?

Rasa stres bisa bersumber dari tempat kerja mulai dari tekanan kerja, deadline, sampai masalah perusahaan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi stres butuh cuti - (Shutterstock)
Ilustrasi stres butuh cuti - (Shutterstock)

Himedik.com - Stres merupakan hal normal yang bisa dialami setiap orang. Umumnya, stres ditandai rasa tidak bahagia dan perasaan cemas. Belum lama ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bagaimana stres telah menjadi epidemi kesehatan abad 21.

Stres sendiri terjadi karena adanya reaksi terhadap keadaan atau peristiwa, di mana keadaan ini membuat seseorang merespons secara fisik, mental, hingga emosional.

Selama peristiwa yang dialami seseorang, tubuh akan melepaskan ledakan bahan kimia yang dapat menyebabkan ketegangan otot, sakit kepala, kelelahan, dan kurangnya kualitas tidur.

Melansir Healthshots, menurut penelitian yang terbit di Proceedings of the National Academy of Sciences United State America, stres telah dikaitkan dengan penyakit lain mulai dari kanker, paru-paru, diabetes, tiroid, dan sirosis hati.

Ilustrasi stres akibat pandemi Covid-19. [Ema Rohimah]
Ilustrasi stres akibat pandemi Covid-19. [Ema Rohimah]

Kini telah diketahui setidaknya ada tiga pemicu stres, berikut paparannya!

Hubungan toksik
Menurut penelitian Proceedings of the National Academy of Sciences United State America, ada korelasi langsung antara stres dengan hubungan toksik atau hubungan beracun. Hubungan yang disebut beracun bisa terjadi di lingkup pertemanan, hubungan asmara, dan hubungan anggota keluarga.

Salah satu cara agar keluar dari sirkel ini, yakni batasi percakapan dengan mereka, serta tegaskan diri untuk mengakhiri hubungan dengan mereka.

Lingkungan kerja
Rasa stres bisa bersumber dari tempat kerja mulai dari tekanan kerja, deadline, sampai masalah perusahaan. Bahkan, sebuah studi dari Harvard Gazette mengatakan, orang dewasa yang mengalami stres di tempat kerja sekitar 44 persen.

Pemicu stres ini terjadi saat mereka sulit menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, karena itu rentan mengalami stres. Salah satu cara untuk terhindar dari masalah ini adalah dengan mengambil waktu istirahat, serta menjalani pola hidup yang sehat.

Ilustrasi stres kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)
Ilustrasi stres kerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Gaya hidup kurang sehat
Gaya hidup yang kurang sehat bisa menjadi pemicu stres. Mulai dari merokok, kurang tidur, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi junk food, serta tidak berolahraga. Hal ini juga dapat berdampak pada kesehatan fisik, sehingga berbahaya bagi Anda.

Cara yang tepat untuk menghindari ini adalah dengan mengurangi rokok dan konsumsi alkohol, serta menjalankan pola hidup sehat dengan melakukan meditasi. Cara ini dapat membantu mengurangi dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini